web stats
Raksa Desa

Biarpun Tidak Ada Srikandi, Pemilihan BPD Sukasono Tetap Digelar

Pemilihan BPD Sukasono Tetap Dilaksanakan, Meskipun Tidak Ada Srikandi

RAKSAGARUTNEWS.COM – SUKAWENING

Kendatipun tidak ada Srikandi (perempuan) sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri yang menekankan kewajiban adanya unsur perempuan dalam struktur BPD, namun pesta demokrasi untuk pemilihan anggota BPD Sukasono tetap dilaksanakan.

Di Desa Sukasono, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut Jawa Barat, semenjak dibukanya pendaftaran calon anggota BPD  pada awal November 2018, hingga ditutupnya pendaftaran, calon-calon anggota dari 3 kedusunan di Desa Sukasono yang mencalonkan diri menjadi anggota BPD  Sukasono totalnya hanya 9 orang.

Ternyata dari ke-9 calon BPD Sukasono tersebut, tidak ada 1 orangpun srikadi (perempuan) yang mencalonkan diri.  Padahal berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 110 tahun 2016 telah mengamanatkan, bahwa dalam struktur kepengurusan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus ada keterwakilan perempuan. Setidaknya satu orang anggota perempuan harus ditempatkan dalam struktur keanggotaan  BPD.

“Meskipun demikian, pemilihan anggota BPD Sukasono tetap akan dilaksanakan. Soalnya BPD dalam tatanan pemerintahan desa memiliki tugas dan fungsi yang sangat penting. Diantaranya BPD menampung aspirasi masyarakat, serta BPD akan terlibat langsung sejak tahap perencanaan hingga penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Makanya pada Minggu 16 Desember 2018, pemilihan anggota BPD Sukasono akan dilgelar secara serentak,” ungkap Sekdes Sukasono, Iqbal, S.IP, Rabu kemarin (12/12/2018) di ruang kerjanya.

Pada angenda pemilihan serentak hari itu, imbuhnya, sebanyak  9 orang calon anggota BPD Sukasono, yaitu  di Dusun I ada 4 calon, di Dusun II ada 3 calon, dan di Dusun III, hanya 2 calon. Mereka akan dipilih oleh perwakilan dari masyarakat di wilayah kedusunan masing-masing. Dusun I pelaksanaannya bertempat di SDN 4-5 Sukasono Kampung Cikarees.   Dusun II digelar di Aula Desa Sukasono,  dan Dusun III dilaksanakan di SDN 6 Sukasono Kampung Tegalnyanda.

“Dari keempat calon di Dusun I tersebut, hanya 2 orang yang akan dipilih menjadi anggota BPD. Sedangkan untuk Dusun II, dari ke-3 calon itu dipastikan lolos. Karena di Kedusunan II diperlukan 3 anggota BPD. Begitu pula di Dusun III, anggota BPD yang diperlukan sama dengan dusun II.  Namun di Dusun III, hanya 2 orang yang mencalonkan anggota BPD,” ujarnya.

Biarpun Tidak Ada Srikandi, Pemilihan BPD Sukasono Tetap Digelar
H. Wawan, S.Ip

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Sukasono, H. Wawan, S.IP mengatakan, mudah-mudahan saja dengan adanya pemilihan anggota BPD secara demokrasi, kedepannya dalam rangka menyalurkan aspirasi masyarakat Desa Sukasono,  anggota BPD yang terpilih semakin lebih meningkatkan rasa kebersamaan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang lebih kondusif dan lebih maju lagi.

“Soalnya kepala desa itu hanya sebagai pelaksana untuk merealisasikan hasil dari Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Desa, atau RKPDes yang mengacu kepada  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa, atau RPJMDes,” kata H. Wawan di ruang kerjanya, sewaktu mengakhiri wawancara dengan awak media ini. Eko/Darma.

 

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker