web stats
Raksa Desa

Giat Pelatihan yang Digelar Pemerintah Desa Wanaraja

Pemdes Wanaraja Kecamatan Wanaraja Garut Gelar Pelatihan Bagi Perangkat dan Lembaga Desa

RAKSAGARUTNEWS.COM – WANARAJA

Guna meningkatkan kapasitas dan mensinergikan Perangkat dan Lembaga-lembaga Desa, Pemerintah Desa Wanaraja gelar Pelatihan dengan mengusung tema “Pelatihan Penguatan Kapasitas Perangkat dan Lembaga Desa”, Senin (17/12/2018).

Dalam gelar pelatihan yang bertempat di GOR Desa Wanaraja tersebut dihadiri oleh Camat Wanaraja, Perangkat Desa, Kader Desa, BPD, LPM, para Ketua RW dan juga Ketua RT.

Dalam sambutannya, Camat Wanaraja Ganda Permana, S.Sos, M.Si menjelaskan, tentang manajemen kelembagaan, peran dan juga fungsi BPD. Lembaga tersebut mempunyai fungsi antara lain menetapkan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat yang diwakilinya.

“Perencanaan pembangunan desa adalah sesuatu yang sangat penting, karena dari perencanaan pembangunan inilah arah pembangunan desa ditentukan. Aspirasi masyarakat dapat tertampung dengan cara melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam perencanaan pembangunan tersebut,” ungkap Ganda.

Giat Pelatihan yang Digelar Pemerintah Desa Wanaraja
Camat Wanaraja, Ganda Permana

Dalam kesempatan yang sama Kepala Desa Wanaraja Nandi Rustandi, dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa berbagai upaya guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat telah berhasil dilaksanakan. Berbagai program juga telah diluncurkan oleh Pemerintahan desa untuk kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Desa dan pencapaian hasilnya sesuai dengan target.

Narasumber dalam giat pelatihan tersebut diisi oleh Tamamudin, S. IP dan Dadang Hidayat, ST.

Tamamudin S.IP, Kasi PMD Kecamatan Wanaraja dalam isi materi pelatihannya menjelaskan, tentang Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004. Dalam UU tentang Pemerintah Daerah tersebut dijelaskan bahwa dinamika masyarakat pada tingkat desa dapat terwadahi dalam tiga institusi utama, yaitu: Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

Dadang Hidayat ST, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Garut menyampaikan, Persamaan persepsi Permendesa No. 1 tahun 2015 tentang Pedoman Kewenangan Berdasarkan Hak Asal Usul dan Kewenangan Lokal Berskala Desa. Ia menjelaskan tentang tujuan Pembentukan RT dan RW.

“Tujuannya yaitu, melestarikan nilai-nilai budaya gotong royong di masyarakat, memelihara nilai-nilai kekeluargaan dalam kehidupan masyarakat, membantu serta meningkatkan kinerja pemerintah di wilayah desa atau kelurahan,” terangnya.

Lebih lanjut Dadang menjelaskan, tentang Tugas RT dan RW. Selain melaksanakan tugas pokok sebagai RT dan RW, tugas pentingnya adalah yang berhubungan dengan prioritas penggunaan Dana Desa dan ketepatan sasaran sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang No. 6 Tahun 2016.

“Strategi perencanaan penggunaan Dana Desa dan ketepatan sasaran dalam mencapai pembangunan desa yang tepat itu dimulai dari tingkat paling bawah. Perencanaan yang ideal dan tepat sasaran itu dimulai dari tingkat RT dan RW,” Ujar Dadang. (Eko/Gan)

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker