web stats
Pendidikan

Kegiatan Literasi Pagi Jadi Rutinitas Siswa SDN 1 Citangtu

Rutinitas Gerakan Literasi Sekolah di SDN 1 Citangtu Kecamatan Pangatikan Garut

RAKSAGARUTNEWS.COM – PANGATIKAN

Kegiatan Literasi Pagi Jadi Rutinitas Siswa SDN 1 Citangtu Kegiatan literasi adalah salah satu program pemerintah yang wajib dilaksanakan berdasarkan kurikulum 2013. Hal ini dilakukan dengan tujuan tiada lain untuk menumbuhkan kesadaran dalam diri siswa mengenai pentingnya membaca. Dari sekian banyak program kegiatan literasi sekolah ini, salahsatunya dapat diwujudkan melalui kegiatan membaca buku-buku non pelajaran pada pagi hari sesaat sebelum kegiatan belajar dimulai.

Salah satu sekolah yang rutin menerapkan gerakan literasi sekolah ini adalah SDN 1 Citangtu Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut.

Kegiatan Literasi Pagi Jadi Rutinitas Siswa SDN 1 Citangtu
SDN 1 Citangtu Pangatikan

Kepala Sekolah SDN 1 Citangtu, Piah, S.Pd.SD mengungkapkan, melakukan aktifitas yang bersifat positif pada pagi hari bagi para siswa adalah suatu keharusan, dimana semua masih dalam kondisi fit, baik badannnya, pikirannya dan semangat belajarnya. Inilah yang membuat mereka menjadi gairah dalam belajar, salah satu trik atau kegiatannya adalah dengan melakukan gerakan literasi pagi di sekolah.

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin di sekolah kami, dimana siswa sebelum melaksanakan KBM mereka diharuskan membaca buku, ini adalah salah satu program kami, agar semua anak-anak didik kami bisa membuka wawasan pikirannya dalam semua ilmu, khususnya dalam pelajaran di sekolah,” ungkap Piah.

Sementara salah seorang guru yaitu Rudiyana, S.Pd, M.Pd selaku guru kelas 6 menerangkan, bahwa dirinya sangat mendukung kegiatan literasi di pagi hari ini, karena ini bisa menjadi kegiatan stimulus bagi anak-anak untuk lebih semangat dalam kegiatan belajar.

“Saya berpendapat bahwa literasi ini sebenarnya mencakup arti luas, tetapi dalam hal ini dapat diartikan secara sederhana saja, yaitu kegiatan individu siswa dengan membaca sebelum masuk kelas, agar mereka menjadi gemar membaca dan timbul rasa kepercayaan diri dalam belajar, serta kedekatan antara satu siswa dengan yang lainnya menjadi lebih dekat secara emosional, karena kegiatan ini selalu diakhiri dengan kegiatan tanya jawab di antara mereka,” terang Rusdiyana.

Lebih lanjut Kepala Sekolah menuturkan, bahwa semua guru mendampingi kegiatan ini agar siswa dapat terpantau dan merasa diperhatikan.

Kegiatan Literasi Pagi Jadi Rutinitas Siswa SDN 1 Citangtu
Siswa Didampingi Guru Melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menambah semangat dan ilmu bagi mereka demi mencapai target dalam belajar. Kita juga memiliki agenda setiap hari Jumat semua guru dan siswa melaksanakan sholat Dhuha bersama, sehingga ada keseimbangan antara keduanya, baik itu ilmu pengetahuan maupun agamanya,” pungkas Piah. (Dadan Farid Ridwan)

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker