web stats
Raksa Desa

Pengganti Rutilahu, Pemdes Sukawening Bangun Rumah Sehat

Pembangunan Rumah Sehat Solusi Pemdes Sukawening Pengganti Program Rutilahu Pemprov Jabar

RAKSAGARUTNEWS.COM – SUKAWENING

Sehubungan bantuan Pemprov Jabar berupa program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) untuk masyarakat penerima manfaat di wilayah Desa Sukawening hingga saat ini belum diterima, maka untuk menanggulanginya,  Pemerintah Desa Sukawening, kini aplikasikan pembangunan rumah sehat.

“Bagi Pemdes Sukawening, kegiatan  pembangunan Rumah Sehat tersebut merupakan pengganti dari Program Rutilahu Pemprov Jabar. Yang mana Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah Desa Sukawening, sampai saat ini belum menerima bantuan Pemprov Jabar berupa Program Rumah Tidak Layak Huni,” ungkap Kades Sukawening, Ali Agus,

Padahal, ucapnya, sejak tahun 2014, pihaknya telah mengajukan Proposal Rutilahu kepada Pemprov Jabar. Namun sampai saat ini, bantuan itu belum diterimanya.

Otomatis masyarakat miskin yang rumahnya telah difoto oleh petugas dari Desa, mereka banyak yang penasaran selalu menanyakannya. Mengapa rumahnya belum juga dibangun? Sedangkan rumah tidak layak huni yang berada di lokasi desa yang lain telah dibangunnya.

Oleh karena itu, kata Ali Agus, dalam rangka mengantisipasinya, pihak Desa Sukawening yang didukung oleh tokoh-tokoh masyarakat, mengusulkan alternatif Program Pembangunan Rumah Sehat melalui Musrenbangdes 2018, untuk alokasi Dana Desa tahun 2019 sebagai solusi pengganti Program Rutilahu Pemprov Jabar.

“Sementara ini, sesuai dengan Rencana Kerja Pembangunan Desa, atau RKPDes, pembangunan rumah sehat akan dilaksanakan di delapan RW. Masing-masing RW hanya mendapatkan  satu keluarga penerima manfaat, dengan anggarannya 20 juta rupiah,” kata Ali Agus.

Kedepannya, imbuh Ali Agus, disesuaikan dengan anggaran Dana Desa, setiap RW bisa saja mendapatkan kucuran Dana Desa  melalui program Pembangunan Rumah Sehat Desa Sukawening untuk membangun dua rumah tidak layak huni.

Kali ini, kata Ali Agus, Pemdes Sukawening  lagi membangun rumah tidak layak huni milik Uju berukuran 5 x 6 m² menjadi rumah sehat di Kampung Mulabaruk RW 05  RT 04 Desa Sukawening Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut Jawa Barat.

“Mudah-mudahan saja dengan digulirkannya pembangunan rumah sehat yang mengacu kepada  program dari Undang-Undang Desa, derajat kesehatan keluarga penerima mafaat meningkat,” ujarnya.

Alhamdulillah, ucap Ali Agus, dengan adanya pembangunan rumah sehat, keluarga penerima manfaat tidak lagi menempati rumah kumuh dan pengap yang akan menjangkitkan sumber penyakit.

Sementara itu, terkait dengan program pembangunan rumah sehat, Uju mengatakan,  dengan adanya program rumah sehat yang dicanangkan oleh Pemdes Sukawening, benar-benar sangat mendukung masyarakat miskin.

“Maka dari itu, saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Ali Agus dan perangkatnya, serta kepada para tokoh masyarakat yang telah mengadakan program pembangunan rumah sehat.  Soalnya sejak rumah saya dibangun pada tahun 1980 belum pernah diperbaiki, sehingga rumah itu menjadi rusak parah. Alhamdulillah kini dengan adanya bantuan rumah sehat, rumah saya menjadi layak huni,” pungkas Uju.  (Darma)

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker