web stats
Sosial, Seni dan Budaya

PGE Area Karaha Bodas Gulirkan CSR untuk 5 Desa

Hanya 5 Desa, Dapat 5 Pilar Program CSR PGE Area Karaha Bodas

RAKSAGARUTNEWS.COM – KARANGTENGAH

Dalam rangka meningkatkan manfaat Program Corporate Social Responsibility (CSR) bagi masyarakat dan lingkungan  sekitarnya, Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Karaha  Bodas menggulirkan 5 Pilar Program CSR-nya kepada 5 desa yang ada di wilayah Kabupaten Garut dan Tasikmalaya.

Sementara ini program CSR dari PGE Karaha Bodas yang terdiri dari 5 pilar program CSR, yakni Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, Ekonomi,  Infrastruktur dan Fasilitas Umum,  hanya disalurkan untuk 5 desa.

“Di wilayah Kabupaten Garut, dan Tasikmalaya ada 5 desa yang termasuk ring ke-1 untuk penyaluran program CSR dari PGE Area Karaha.  Di Kabupaten Garut ada 3 desa, yaitu Desa Cinta, Cintamanik (di Kecamatan Karangtengah), dan Sukahurip (di Kecamatan Pangatikan). Sedangkan di Kabupaten Tasik ada 2 Desa, yaitu Desa Kadipaten dan Dirgahayu,” kata Asmaul Husna dari Public Relation PGE Area Karaha Bodas.

Dikatakannya, pada tahun ini dari sejak Januari  hingga pertengahan Desember 2018, Pertamina Geothermal Energy Karaha Bodas telah menyalurkan CSR-nya melalui program-programnya sekira 900 juta rupiah  untuk 5 desa yang ada di Kabupaten Garut dan Tasikmalaya.

“Kali ini PGE Area Karaha Bodas menyalurkan CSR-nya melalui kegiatan Khitanan Massal dan Pengobatan Umum Gratis untuk Masyarakat Desa Cinta dan Cintamanik yang berlokasi di Desa Cinta, paralel dengan Kegiatan di Desa Sukahurip, merupakan kegiatan yang berkaitan dengan hari ulang tahunnnya PGE Area Karaha  yang ke-12,” ujar  Asmaul Husna, Rabu (12/12/2018).

PGE Area Karaha Bodas Gulirkan CSR untuk 5 Desa
Public Relation PGE Karaha Bodas, Asmaul Husna bersama Gaos Hamdani Kades Cinta

Baik untuk Khitanan Masal, maupun Pengobatan Umum gratis, imbuhnya,  masing-masing desa tersebut diberi  quota 30 orang untuk Khitanan Masal dan 30 orang buat Pengobatan Umum Gratis.

Menurut Asmaul, sebelum PGE Area Karaha Bodas menyalurkan CSR-nya dengan menyelenggarakan kegiatan Khitanan Massal dan Pengobatan Umum Gratis,  sebelumnya pada Rabu kemarin, 05 Desember 2018,  kami mengadakan diskusi dengan kader-kader Posyandu, aparat desa dan stakeholder yang kami anggap mereka adalah sebagai motor masyarakat melalui Program Focus Group Discussion (FGD). “Maka dari  itu kami akan selalu bersinergi dengan instansi yang terkait,” kata Asmaul.

Program FGD tersebut, lanjutnya, guna mendapatkan informasi lebih detail  terkait dengan kebutuhan masyarakat yang ada di wilayah 5 Desa untuk rencana berikutnya dari program CSR PGE Area Karaha tahun 2019 di bidang Kesehatan dan Pemberdayaan masyarakat. Sehingga dengan Program FGD ini, kami bisa mendengar aspirasi mereka itu seperti apa?

Mudah-mudahan saja, kata Asmaul,  apapun yang dilakukan oleh kami untuk masyarakat melalui 5 Pilar Program CSR dari PGE Area Karaha,  kedepannya masyarakat itu mandiri, lebih sehat, sejahtera, dan makmur.

“Oleh karena itu pihak kami menekankan, bahwa Program CSR PGE ini sifatnya bukan pemadam kebakaran, bukan memberikan ikan, tapi kami memberikan kail,” ujarnya. ℗Darma/Eko.

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker