web stats
Event

Tangkal Isu Hoax, Pemuda Muhammadiyah Adakan Seminar

Pemuda Muhammadiyah Garut Gelar Seminar Kebangsaan Antisipasi Berita Hoax

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Di tengah gejolak tahun politik yang kian memanas, sebaran isu-isu yang tidak bertanggungjawab atau berita bohongpun kian santer merebak. Isu bohong atau dengan sebutan lain isu hoax tersebut sengaja digulirkan, entah untuk kepentingan pribadi ataupun kelompok.

Guna mengantisipasi semakin gencar dan merebaknya semua isu hoax tersebut, Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Garut berinisiatif menyelenggarakan seminar kebangsaan dengan mengusung tema “Peran Pemuda dalam Menghadapi dan Menangkal isu Hoax di Tahun Politik”. Seminar buah kerjasama Pemuda Muhammadiyah dan Kementrian Pendidikan Nasional tersebut digelar di Gedung PGRI Kabupaten Garut, Rabu (19/12/2018).

Pemateri dalam kegiatan seminar yang dibuka langsung oleh Dr. Agus Rahmat ayahanda dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Garut tersebut yaitu Dani Setiawan (Pembantu Asisten Koordiator Staff Khusus Presiden), H. Mukhlas Rowie (Owner Monday Media Group) dan Dr. Iu Rusliana (Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat).

Dr. Iu Rusliana, Ketua PWPM Jawa Barat mengungkapkan, bahwa peserta yang menghadiri kegiatan ini, adalah OKP Tingkat Kab. Garut, Utusan Pimpinan Cabang (PC) Pemuda Muhammadiyah se Kab. Garut.

Lebih lanjut Iu menerangkan, seminar kebangsaan ini merupakan salah satu kiprahnya Pemuda Muhammadiyah di kabupaten Garut. Disamping melakukan pembinaan-pembinaan yang intens bagi internal Pemuda Muhammadiyah, baik di tingkat Pimpinan Daerah maupun di tingkat bawahnya yaitu Pimpinan Cabang se Kabupaten Garut.

“Ini merupakan dalam rangka melebarkan sayap ke eksternal dalam berkiprah, memberi manfaat, sharing informasi, sharing ilmu, wawasan sehingga ada sedikit pencerahan bagi para pemuda di Kabupaten Garut yang notabene sebagai penghuni dunia medsos untuk menyaring informasi yang betul-betul valid maupun yg masuk kategori hoax,” kata Iu.

Ketua PD Pemuda Muhammadiyah, Dian Noviar Nugraha menuturkan, isu-isu yang berkembang di tahun politik sekarang ini sangat mengerikan dan menakutkan sekali. Fakta yang terjadi, saling membantai dan menghina satu sama lain di dunia maya, dan mudah sekali saling menjustifikasi.

“Ini sangat luar biasa bisa menggerus nalar dan hati kita terus berdarah padahal belum tentu informasi yang di dapat itu benar atau hanya sebatas hoax, yang pada akhirnya menjadi kebiasaan untuk terus bersuudzon satu sama lainnya,” ungkap Dian.

“Saya berharap seminar kebangsaan ini bisa menjadi bekal dan bisa menjadi pemuda yang bermanfaat bagi lingkungannya dalam mengontrol informasi setelah adanya pandangan-pandangan dari ke 4 pemateri tersebut, sehingga kita sebagai generasi muda bisa menangkal hal-hal yang terjadi pada saat ini,” pungkasnya. (Abah Dadan)

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker