web stats
TeknologiTips dan Trik

Cara Meningkatkan Kecepatan Smartphone yang Melambat

Smartphone Melambat, Ini Beberapa Cara Tingkatkan Kecepatannya

RAKSAGARUTNEWS.COM

Kecepatan smartphone yang melambat tentu saja jadi hal yang merepotkan dan membuat anda jengkel. Bila kecepatannya melambat, ada beberapa solusi yang dapat membantu meningkatkan performa Smartphone anda.

Berikut ini beberapa tipsnya :

1. Ketahui dan Identifikasi Masalahnya

Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah mencari tahu penyebab masalahnya. Entah itu karena terlalu banyak aplikasi atau karena sistemnya itu yang jadi penyebab masalahnya.

2. Kosongkan Sebagian Ruang

Foto-foto dan video yang tersimpan terlalu banyak, ditambah aplikasi-aplikasi yang telah terinstal dapat berdampak buruk pada smartphone anda. Butuh ruang kosong pada penyimpanan agar berjalan dengan lancar, jika penyimpanannya rendah, gadget anda bisa melambat. Hapus beberapa foto, video dan aplikasi yang tidak diperlukan lagi.

3. Tutup Beberapa Aplikasi dan Bebaskan RAM (Random Access Memory)

Program Multi-tasking memang memudahkan anda untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, tetapi hal tersebut juga dapat berdampak pada kinerja Smartphone. Tutup aplikasi yang tidak lagi digunakan, dan nonaktifkan aplikasi yang tidak terlalu penting.

4. Rajin Menghapus Chace Aplikasi

Cache adalah sebuah file untuk menyimpan data sementara dari aplikasi maupun suatu website. Fungsi dari cache ini adalah untuk mempercepat loading dari suatu halaman web atau mempercepat performa sebuah aplikasi.

Cache memungkinkan sebuah browser tidak perlu lagi mengunduh data dari website yang pernah diakses sehingga proses loadingnya akan bertambah cepat. Hal serupa berlaku juga untuk android yang sering menaruh data di cache mereka untuk meningkatkan performanya. Berbagai file cache tersebut tersimpan di memori sehingga semakin banyak cache, maka semakin banyak pula kapasitas memori yang digunakan.

Jika perangkat anda melambat, hapuslah file chace dari beberapa aplikasi. Anda bisa memulainya dengan membuka pengaturan > aplikasi (Manajer Aplikasi di beberapa perangkat) > pilih aplikasi (akan terlihat ukuran chace yang dimiliki aplikasi tersebut) > clear chace (hapus chace). Lakukan kembali hal tersebut pada aplikasi lainnya.

5. Restart Perangkat

Perbaikan yang paling cepat dan sederhana untuk mengatasi perangkat yang melambat adalah dengan cara restart (mulai ulang) perangkat anda. Cara ini dapat menghapus cache, menghentikan tugas yang tidak perlu, dan membuat semuanya berjalan kembali dengan lancar. Cukup tekan tombol power (daya), pilih opsi Mulai Ulang, lalu ketuk OK untuk mengonfirmasi. (Sumber: Net)

 

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker