web stats
Event

Tatap Alam, Program Multi Manfaat Melalui Penanaman Pohon

Camat Wanaraja Galakan Program Tatap Alam, Multi Manfaat Melalui Penanaman Pohon

RAKSAGARUTNEWS.COM – WANARAJA

Misi mengembangkan kreativitas kelembagaan dan masyarakat di Kecamatan Wanaraja, direalisasikan pihak muspika dengan mengusung program Tatap Alam ( Tabungan Tanaman Pepohonan Alam Asri Andapun Menikmati ).

Pada kegiatan ini, muspika melakukan penanaman sebanyak 30 bibit nangka jenis Campadak di area DAS Cimuara, Desa Cinunuk, Selasa (15/1/2019).

Disamping merupakan upaya penghijauan, Camat Wanaraja, Ganda Permana, menyebut program ini bertujuan meningkatkan kreatifitas kelembagaan masyarakat desa.

“Kita ajak karang taruna Desa Cinunuk hari ini untuk sama-sama menanam. Ada progres jangka panjang dari kegiatan ini, yakni meningkatkan sektor ekonomi kreatif melalui industri pengolahan makanan berbahan dasar buah nangka,” ujarnya.

Proses penanaman sejumlah bibit tanaman ini, dikelola secara profesional melibatkan unsur pemerintahan desa dan karang taruna. Setiap Satu pohon, Camat menyerahkan pengelolaanya kepada seseorang yang telah ditunjuk, berikut menyertakan aksen kepemilikan secara formal. Selain diberi hak pengelolaan, diserahkan juga sejumlah uang sebagai bentuk motivasi agar progres ini berjalan dengan baik.

“Teringat kala menjadi Praja STPDN tahun 90 an, kala itu setiap praja diberi tanggung jawab 1 unit tanaman. Keras waktu itu, pokoknya jika tanaman itu mati, mati juga kita diberi sanksi berat,” kenang Ganda.

Namun kali ini, pihaknya hanya memetik inspirasi agar masyarakat mau menanam demi mencukupi ketersedian udara segar serta menumbuhkan nilai perekonomian.

Selain Karangtaruna dan masyarakat lainya, giat ini dihadiri juga oleh unsur TNI Polri yang tergabung dalam forkopim tingkat Kecamatan Wanaraja.

Tatap Alam, Program Multi Manfaat Melalui Penanaman Pohon
Tatap Alam, Program Multi Manfaat Melalui Penanaman Pohon

Kepala Desa Cinunuk, Ade Hermawan, turut dalam kegiatan ini. Dalam arahan singkatnya kepada jajaran Karang Taruna, Ia mengingatkan agar program kadeudeuh dari Camat ini, dapat dikelola dengan baik. Ade berharap program yang selaras dengan Peraturan Desa ini, dapat mendorong sektor pemberdayaan serta derajat ekonomi warganya. **SAJAK LANGIT**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker