web stats
Misteri

Diduga Makam Wali, Petilasan Misterius Ditemukan di Garut

Berusia Ratusan Tahun, Diduga Makam Wali Ditemukan di Pusat Kota Garut

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT KOTA

Diduga merupakan makam wali yang telah berusia ratusan tahun, sebuah petilasan ditemukan di gang sempit pemukiman penduduk Kampung Pangampaan, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

Dari tulisan batu seni pahat tertera angka 1880, mengisyaratkan makam tersebut berusia satu abad lebih. Uniknya, ornamen yang tertera di batu nisan, seluruhnya menggunakan bahasa Arab.

Kyai Bagus Keramat Wangsa, nama yang tertera di batu nisan, ia wafat 27 Syawal 1297 H. Sayangnya, tidak banyak informasi yang didapat terkait sosok Kyai Bagus Keramat Wangsa ini.

Diduga Makam Wali, Petilasan Misterius Ditemukan di Garut
Berusia Ratusan Tahun, Diduga Makam Wali Ditemukan di Pusat Kota Garut

Menurut salah seorang sumber yang rumahnya tepat disamping makam, dahulu banyak peziarah yang datang dari berbagai kota di Jawa Barat, seperti Cirebon dan Kabupaten Sumedang. Mereka (para peziarah) menyebut makam ini sebagai petilasan Tubagus Kromo.

“Entah sejak kapan terdapat ditempat ini, tak ada warga yang mengetahui asal-muasalnya, saya juga tidak tahu ini makam wali, makam keramat atau bukan. namun pernah ada peziarah yang datang meneyebut nama tubagus kromo,” ujar Maman kepada raksagarutnews.com, Kamis kemarin.

Selama ini, menurut pengakuan Maman, Keberadaan makam tersebut, disikapi biasa saja oleh warga sekitar. Namun, dulu sebelum wilayah ini padat oleh pemukiman, diakuinya beberapa perwujudan mistis berupa hewan, sempat ditemuinya ditempat ini.

Diduga Makam Wali, Petilasan Misterius Ditemukan di Garut
Maman, Warga Kampung Pangampaan yang Rumahnya Berdampingan dengan Makam Keramat

“Kalau dulu memang ditempat ini sering tampak perwujudan katak tak lazim yang berukuran sangat besar . Ada juga belut berwarna putih. Tapi sekarang mungkin sudah camal, jadi terasa biasa saja tidak ada perasaan takut atau apa,” tambahnya.

Ditambahkanya, petilasan yang menempel ke dinding rumahnya itu, boleh dibilang misterius karena tidak ada seorangpun mengaku sebagai sanak pamily atau keturunanya. Sedikit keterangan yang didapatpun berasal dari keterangan pejiarah asal Kota Cirebon.

Karena keberadaanya dekat pusat kota, siapa saja yang hendak menuju lokasi petilasan ini akan sangat mudah diketemukan. Berjarak sekitar 100 meter dari pasar modern Garut Plaza, pengunjung hanya perlu menyusur gang sempit untuk tiba dilokasi ini. *Dekki Desmond*

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker