web stats
Ekonomi

Kerajinan Tangan Bambu Hitam Hasil Kreativitas Abah Gaul

Abah Gaul Ciptakan Aneka Kerajinan Tangan Berbahan Dasar Bambu Hitam

RAKSAGARUTNEWS.COM – KARANGPAWITAN

Industri kreatif menurut kementrian perdagangan Indonesia adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut, dan salahsatu yang termasuk kedalam industri kreatif itu adalah usaha di bidang Industri kerajinan tangan. Abah Gaul warga Kampung Kertamanah RT 02 RW 04 Desa Cimurah, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, menghabiskan waktu senggangnya dengan membuat aneka kerajinan tangan berbahan dasar bambu hitam.

Saat ditemui oleh awak media Raksa Garut News, Kamis (31/01/2019) Abah Gaul yang berusia setengah abad lebih itu menceritakan perihal ketidaksengajaannya membuat kerajinan tangan, ia mengatakan dirinya merasa sayang melihat bambu yang tumbang di biarkan begitu saja, ditangannya bambu yang tadinya hanya dijadikan pagar halaman atau untuk bahan bakar di hawu berubah fungsi menjadi barang yang unik dan bernilai tinggi.

“Saya memanfaatkan bambu hitam yang tidak terpakai untuk dijadikan kerajinan tangan berupa gelas, kaligrapi, taplak meja, asbak, dan lain-lain. Selama ini saya mengerjakanya dengan manual tanpa bantuan mesin apapun,” kata Abah.

Ia menuturkan, berbeda dengan kondisi saat ini, dulu di kampung kertamanah banyak pengrajin yang menggeluti kerajinan ini.

“Sekarang mereka tidak ada lagi dikarenakan kalau dulu bambu hitam masih banyak, namun sekarang sudah langka dan harus dibeli, oleh karena itu mereka tidak bisa melanjutkan karena tidak punya dana untuk membeli bahan baku dan untuk pemasarannya pun susah,” jelasnya.

Abah lebih lanjut menuturkan, untuk sementara hasil kerajinannya di tampung untuk dipasarkan di Bumdes Desa Cimurah.

Dirinya berharap, semoga kedepanya ada dukungan dari pihak pemerintah. “Saya berharap mudah-mudahan ada dukungan dari Pemerintah Desa khususnya, dan umumnya dari Dinas terkait. Saya berharap, semoga hasil karya saya ini menjadi kerajinan unggulan dari Desa Cimurah. Apalagi sekarang tiap desa diwajibkan untuk melakukan inovasi desa,” pungkasnya. LINTAR

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker