web stats
Pariwisata

Anton Galuma Gagas Pengembangan Desa Wisata Sukamaju Cilawu

Rembug Bersama Pengembangan Desa Wisata Sukamaju Kecamatan Cilawu Garut

RAKSAGARUTNEWS.COM – CILAWU

Dalam rangka mendorong terbentuknya desa wisata Sukamaju, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Paguyuban Sanghiang Putra Padjadjaran beserta warga Desa Sukamaju menyelenggarakan rembug bersama dengan pihak dinas-dinas terkait bertempat di Aula Paud Kampung Bojongloa Lembur, Kamis (14/3/2019).

Kegiatan rembug tersebut selain dihadiri Kepala Desa dan tokoh masyarakat setempat, dihadiri pula Staf Ahli Bupati, Drs. H Mahmud, M.MPd yang mewakili Bupati Garut, Kepala Bidang Pariwisata Disparbud Garut, Kepala Bidang pada Bappeda beserta tamu undangan lainnya.

Selaku penggagas, Ketua Paguyuban Sanghiang Putra Padjadjaran, Anton Galuma, A. Md. Kom menyampaikan bahwa Desa Sukamaju dilihat dari berbagai aspek pantas untuk dijadikan sebagai desa wisata.

“Sangat pantas untuk dikembangkan dilihat dari segala aspek, Desa Sukamaju ini memiliki keindahan alam, mulai dari perbukitan, pesawahan, sungai, dan yang lainnya yang menunjukan ciri khas kawasan pedesaan. Selain hal itu disini juga unsur sosiokultural, masyarakat, dan tradisi leluhur masih terjaga dan bersifat khas/unik yang berbeda dari daerah lain. Kami pastikan potensi unggulan ini yang akan dijadikan komoditas utama pengembangan desa wisata Sukamaju,” ucap Anton.

Dikatakan Anton, untuk mewujudkan pengembangan desa wisata Sukamaju ini membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, baik itu dari pemerintahan desa dan tokoh masyarakat setempat, warga maupun dari dinas-dinas terkait.

“Makanya hari ini kami berkumpul untuk mengadakan rembug bersama, mulai dari pemerintahan setempat, tokoh masyarakat, warga dan seluruh komponen masyarakat disini, kami juga mengundang dalam hal ini pemerintahan Kabupaten Garut, mulai dari Bupati Garut dan Para kepala dinas terkait. Ini bertujuan untuk mencapai satu kesepahaman bersama untuk sesegera mungkin mewujudkan Desa Sukamaju sebagai Desa Wisata,” tuturnya.

Lebih lanjut Anton berharap, setelah diadakannya rembug bersama, desa wisata Sukamaju dapat segera terwujud dan mampu menjadi andalan wisata Kabupaten Garut.

Anton Galuma Gagas Pengembangan Desa Wisata Sukamaju Cilawu
Ketua Paguyuban Sanghiang Putra Padjadjaran, Anton Galuma, A.Md.Kom bersama Kepala Bidang Pariwisata Disparbud Garut, Mamun, S.Pd, M.Pd

Dalam Kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pariwisata Disbarpud Garut, Mamun S.Pd, M.Pd turut memberikan tanggapan perihal rencana pengembangan desa wisata tersebut. Ia sepenuhnya merespon keinginan dan gagasan dari tokoh masyarakat ataupun penggagas untuk menjadikan Desa Sukamaju sebagai desa wisata.

Mamun menyampaikan, untuk langkah awal yaitu dengan cara mengumpulkan berbagai pihak pemangku kepentingan, baik itu pemerintah maupun dari pemangku kepentingan masyarakat.

“Untuk mengembangkan potensi pariwisata menjadi daerah tujuan wisata itu perlu keterlibatan atau peran serta seluruh pemangku kepentingan. Pemangku kepentingan pemerintah, mulai dari Bappeda, Dinas pariwisata, DPMPD, Perkim dan lain sebagainya sehingga nantinya pengembangan pembangunannya dilakukan secara bersama-sama serempak melibatkan berbagai pemangku kepentingan dari pemerintah yang berkompeten,” terangnya.

Mamun mengungkapkan, program desa wisata tersebut relevan dengan program-program pemerintah, baik itu program Kementerian Pariwisata, Kementerian Desa, Dinas Pariwisata Provinsi maupun kabupaten.

“Pemerintah provinsi ada program prioritas, yang namanya penegmbangan desa wisata,” tuturnya.

Untuk mewujudkan sesegera mungkin program pengembangan desa wisata ini, Ia menuturkan bisa terwujud asalkan disertai dengan kemauan yang kuat dan koordinasi yang dijalankan.

“Setelah diadakannya pertemuan rembug ini diharapkan penggagas bersikap aktif, networking dan connecting harus ditindaklanjuti dan harus terus berkoordinasi dengan pihak pemerintah yang berkompeten,” tandas Mamun. **Lintar**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker