web stats
Sosial, Seni dan Budaya

Pusaka Sancang Balebat, Perguruan Silat yang Tetap Eksis

Perguruan Pusaka Sancang Balebat, Buka Pendaftaran Murid Baru

RAKSAGARUTNEWS.COM – TAROGONG KALER

Gairah seni bela diri pencak silat di Kabupaten Garut belakangan ini mulai kembali meningkat. Salahsatu paguron di Kabupaten Garut yang turut membuktikan hal itu, adalah Perguruan Pusaka Sancang Balebat pimpinan tokoh silat ternama, Abah Amas Pardi.

Kini, perguruan yang sudah berdiri sejak 1974 itu, tengah membuka pendaftaran bagi para peserta didik yang serius ingin mewarisi tehnik beladiri pencak silat.

Anton Galuma, A,Md. Kom, Adalah Tokoh seni budaya Garut yang turut mendukung kemajuan perguruan Pusaka Sancang Balebat.

Kepada wartawan, Rabu ( 27/3/2019 ), ia membenarkan jika perguruan yang sangat dihormatinya itu, kini sedang membuka pendaftaran murid didik baru. Para peserta didik itu, nantinya, kata Anton, akan digembleng secara serius guna melahirkan pesilat – pesilat muda berbakat.

“Sampurasun salam Sunda saike’tan, dalam rangka meningkatkan silaturahmi dan membangkitkan kembali nilai budaya, kami mewakili perguruan, akan membuka pendaftaran murid baru. Pendaftaran sudah mulai dibuka di seluruh cabang yang ada di Kabupaten Garut,” ujar pria yang identik dengan penampilan khas sunda itu.

Pusaka Sancang Balebat, Perguruan Silat yang Tetap Eksis
Pimpinan Paguyuban Sanghiang Putra Padjadjaran, Anton Galuma, A.Md.Kom

Menurutnya, hal ini merupakan upaya membudayakan Silat yang merupakan warisan budaya tatar sunda, khususnya di Kabupaten Garut.

Ditambahkan Anton, Paguyuban Putra Sanghiang Padjajaran yang ia pimpin, sangat mendukung penuh rencana mulia yang diusung Pusaka Sancang Balebat.

“Kami dari paguyuban siap bekerja sama saling bertukar pikiran dalam upaya sama – sama memajukan seni budaya pencak silat,” tegas Anton.

Sebagai induk, perguruan yang dipimpin Abah Amas tersebut bertempat di Desa Tanjung Kecamatan Tarogong Kaler. Sedangkan untuk cabang sudah berdiri di beberapa wilayah seperti, Cihuni Pangatikan pimpinan Bah Utang, Bantarjati Banyuresmi pimpinan bah Wawan Hadum, dan di Karangpawitan Baraya Sancang balebat, Kampung Bongkor Desa Situgede pimpinan ki Galuma.

Pusaka Sancang Balebat, Perguruan Silat yang Tetap Eksis
Padepokan Baraya Sancang balebat, Kampung Bongkor Desa Situgede pimpinan ki Galuma.

“Untuk mewujudkan harapan ini, kami ingin memohon bantuan dan pembinaan dari pemerintah setempat. Ada harapan besar yakni menguatkan ciri dan jati diri suatu daerah bangsa dan negara. Semoga Pusaka Sancang Balebat semakin jaya. Sekali lagi kami tegaskan hal ini butuh suport khusus dari pemerintah,” jelasnya.

Perguruan yang dipimpin Abah Amas tersebut, eksistensinya tak perlu diragukan lagi. Beberapa pesilat sudah berhasil diorbitkan dan membawa harum Kabupaten Garut. Rencananya, murid baru yang bergabung, juga akan digembleng khusus 2 kali dalam seminggu. Target besarnya, kembali dapat mencetak pesilat – pesilat tangguh dan berbudiluhur. **SL**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker