web stats
Raksa Desa

Kewenlokalades Sukamukti Tahun 2020 Canangkan Pemberdayaan

Pemdes Sukamukti Bidik Pemberdayaan Sampah, Pasar Desa dan Home Industri

RAKSAGARUTNEWS.COM – SUKAWENING

Kewenangan Lokal Bersekala Desa Sukamukti (Kewenlokalades Sukamukti) Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut Jawa Barat, dalam rangka menyelenggarakan, antaralain pemberdayaan masyarakat dan pembinaan kemasyarakatan,  mulai tahun 2020  akan berkonsentrasi membidik pemberdayaan pasar desa, penanganan sampah, dan home industri untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Mengenai kegiatan pemberdayaan pasar desa, penanganan sampah, dan home industri, secara bertahap akan dilaksanakannya sesuai dengan hasil Musrenbangdes yang telah dituangkan ke dalam buku Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes),” kata Kades Sukamukti, H. Tjetjep Sopyan Harun, SH.

Seperti halnya, ujar H. Tjetjep, Pemdes Sukamukti  mulai tahun 2020, selain merealisasikan kegiatan pembangunan infrastruktur, juga akan fokus pada program pembangunan  non fisik, diantaranya pemberdayaan Pasar Desa Sukamukti untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa, atau PADes.

Kewenlokalades Sukamukti Tahun 2020 Canangkan Pemberdayaan
Pasar Desa Sukamukti

Selama ini, lanjutnya, PADes Sukamukti dari pasar desa masih berjalan seperti biasa belum ada peningkatan. Oleh karena itu, bangunan pasar desa harus direnovasi agar memiliki daya tarik. Sehingga pendapatan asli desa pun akan meningkat.

Sedangkan perihal penanganan sampah, terutama sampah dari pasar desa, supaya bernilai ekonomi,  kami telah mengadakan Program Peningkatan Kapasitas para Pemuda dengan Teknologi Tepat Guna (TTG). Tinggal mem-follow up-nya, sehingga penanggulangan sampah dari Pasar Desa Sukamukti, dan lainnya, menjadi rupiah.

”Soalnya selama ini, semenjak  saya menjabat sebagai kepala desa, perihal sampah pasar desa, masih diangkutnya ke Garut oleh Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup, belum ada upaya yang maksimal supaya sampah itu bernilai ekonomi,” ungkapnya.

Selain itu, supaya tertopangnya kesejahteraan masyarakat, kami akan terus menggali dan memberdayakannya potensi home industri yang ada di lingkungan masyarakat. Seperti home industri burayot, ladu, borondong, dan kue mayit.

Selanjutnya para pengusaha home industri itu, kata Hj. Tjetjep, akan kami bantu, diantaranya meningkatkan SDM-nya melalui program pelatihan,  serta pemasaran via online media.

“Mudah-mudahan saja seiring dilaksanakannya kewenangan lokal bersekala desa, yaitu penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat dan pembinaan kemasyarakatan yang telah diimplementasikan oleh kami, hasilnya bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat, sebagai mana harapan kami yang tertuang dalam Visi Desa Sukamukti, yakni menciptakan Desa Sukamukti yang maju mandiri sejahtera aman dan nyaman, benar-benar terealisasi,” pungkas Hj. Tjetjep. ℗ **Darma**.

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker