web stats
EventSosial, Seni dan Budaya

Lestarikan Seni Budaya, Dodol Picnic Adakan Lomba Nyanyi Sunda

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Wisata Garut sangatlah eksotik, bisa dikatakan Garut itu Seksi. Banyak kegiatan aktifitas yang berkaitan dengan kebijakan masyarakat seperti olahraga dan termasuk dalam hal seni budaya sunda, sehingga tidak heran banyak orang dari berbagai kalangan datang mengunjungi Garut. Mulai dari birokrasi pusat, para pelaku wisata, pengusaha luar berdatangan, karena Garut punya daya magnit yang luar biasa. Buktinya kemarin-kemarin 4 mentri mengadakan kunjungan ke obyek wisata Situ Bagendit, diantaranya, Menteri Pariwisata, perhubungan, PUPR dan Menteri Keuangan. Hal tersebut diungkapkan H. Ato Hermanto Pengusaha dodol Picnic pada awak media setelah pembukaan lomba lagu sunda dodol Picnic di Pabrik dodol Picnic jalan Pasundan Garut Kota, (27/4/2019).

Ia menyampaikan, kunjungan para menteri itu merupakan bentuk perhatian pemerintah pusat untuk membangun infrastruktur yang menghubungkan akses ke Garut.

Terkait giat lomba lagu dodol picnic, Ato menjelaskan hal tersebut sebagai bentuk melestarikan seni budaya sunda.

“Kalau orang berbicara Garut tentu orang akan teringat dodol, karena dodol merupakan oleh-olehnya Garut dan merupakan ikonnya Garut. Terlepas dari itu kenapa kami adakan lomba lagu sunda karena kami ingin melestarikan seni budaya sunda. Siapa lagi yang ngamumule seni budaya sunda kalau bukan kita, terutama generasi muda sebagai penerus kita, kita tanamkan pada diri mereka supaya cinta akan seni sunda,” tuturnya.

H. Ato mengatakan, lomba ini untuk mengetahui sejauh mana kecintaan generasi muda terhadap seni budaya sunda.

“Nah, untuk mengukur sejauh mana kaum muda cinta akan seni budaya sunda, maka kami adakan perlombaaan lomba lagu sunda, Alhamdulillah masih banyak yang suka akan seni sunda terbukti banyak yang ikut perlombaan ini,” jelasnya.

Kedepannya, Ato berencana akan mengadakan lomba yang lebih gebyar dan akan terbuka pesertanya, bukan saja dari Garut saja, tapi dari luar Garut juga.

“In sya Alloh kedepannya kami akan adakan lomba lagu sunda terbuka se provinsi dan lomba cipta lagu sunda,” ujarnya.

H. Ato juga menuturkan, ia mempunyai sebuah cita-cita untuk membangun sebuah tempat khusus seni budaya sunda, yang mana ciri khas Garut ada disana.

“Mulai dari kulinernya, jaket kulitnya dan lainnya sehingga para wisatawan mengetahui seni budaya Garut,” tandanya.

H. Ato berharap, seni budaya sunda khususnya Garut bisa lestari. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker