web stats
Kesehatan

Puskesmas Cimaragas Prioritaskan Moto SUPER

Moto SUPER Topang Puskesmas Cimaragas Implementasikan BLUD

RAKSAGARUTNEWS.COM – PANGATIKAN

Dalam rangka mengimplementasikan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) yang menyelenggarakan fungsi puskesmas strata pertama, yakni menyelenggarakan pelayanan kesehatan tingkat pertama secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan yang meliputi pelayanan kesehatan terhadap perorangan khususnya, maupun terhadap masyarakat umumnya, Puskesmas Cimaragas Kecamatan Pangatikan KabupatenGarut, tetap tak terlepas dari Moto SUPER.

Saat ini Pelaksana Teknis Kesehatan di Puskesmas Cimaragas totalnya berjumlah 54 orang dengan status kepegawaiannya, yaitu 24 PNS, dan 30 TKK/PTT, selalu dianjurkan oleh  Kepala Puskesmas Cimaragas, Hj. Ai Sri Suminarsih, S.Kep.,M.Si sewaktu melayani masyarakat dalam melaksanakan salahsatu misi dari Puskesmas tersebut, diantaranya untuk meningkatkan mutu kesehatan kepada masyarakat guna mewujudkan puskesmas yang efektif dan responsif, tetap menghidangkan SUPER sebagai moto Puskesmas Cimaragas.

Moto SUPER Topang Puskesmas Cimaragas Implementasikan BLUD
Hj. Ai Sri Suminarsih, S.Kep.,M.Si., Kepala Puskesmas Cimaragas.

Menurut Hj. Ai Sri Suminarsih, kata SUPER berdasarkan makna denotasi memiliki padanan katanya, yakni sama dengan lebih dari yang lain; luar biasa, atau sama artinya dengan istimewa. Namun terminalogi dari  kata SUPER yang diadopsi menjadi sebuah Moto Puskesmas Cimaragas, setiap hurufnya memiliki kepanjangan kata, yaitu huruf kapital “S” mengandung untaian kata Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun. Huruf “U” pada moto puskesmas itu diambil dari rangkaian kalimat, Utamakanlah mutu pelayanan, dan   Huruf “P” pada kata SUPER, yakni kepanjangan dari Profesional. Sedangkan Huruf kapital “E” diambil dari singkatan kata Efektif, dan huruf “R” merupakan kependekan dari kata Responsif.

“Untuk itu kepada segenap tenaga kesehatan di Puskesmas ini, diharapkan agar setiap hari kerja berhadapan dengan masyarakat  bukan menyuguhkan sikap dan ekspresi wajah yang menyinggung hati masyarakat.  Tapi bagaimana caranya untuk mencapai indikator perilaku sehat sebagai pengejawantahan dari Moto SUPER,” kata Hj. Ai Sri.

Perilaku sehat itu, ujarnya, seperti sikap ramah tamah,  senyum, sapa dan salam, mesti dihidangkannya ketika ada masyarakat yang berkunjung ke puskesmas. Soalnya dengan perilaku sehat dari pihak puskesmas, secara tidak langsung kejiwaan pasienpun telah kita obati.

Ternyata, imbuh Hj. Ai Sri, realisasi dari Moto SUPER, seperti senyum, sapa dan salam serta mengutamakan mutu pelayanan yang  profesional, efektif dan responsif, sangat mendominasi untuk pencapaian puskesmas sebagai BLUD dalam rangka menyelenggarakan fungsi Puskesmas Strata Pertama. Apalagi BLUD itu telah ditopang dengan peningkatan pelayanan sarana dan prasarana puskesmas, serta tenaga kesehatannya. Otomatis masyarakatpun akan memburunya.

 Alhamdulillah, ucapnya, salahsatunya dengan mengaplikasikan moto SUPER, bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda tahun 2013 yang lalu, Puskesmas Cimaragas raih penghargaan Citra Pelayanan Prima(CPP).

“Mudah-mudahan saja, meskipun Puskesmas Cimaragas termasuk Puskesmas angkatan ke-2 bersama 37 Puskesmas lainnya yang mendapatkan pelatihan penggunaan aplikasi BLUD Syncore pada tanggal 6-8 Desember 2017 di Hotel Grage Yogyakarta,   Puskesmas Cimaragas yang ditopang dengan  Moto SUPER,  berjalan dengan baik,” pungkas Hj. Ai Sri. ℗ **Darma**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker