web stats
Kesehatan

Puskesmas Karangtengah Dongkrak BLUD Via Kinerja PTK

Kinerja PTK Kunci Sukses Puskesmas Karangtengah Aplikasikan BLUD

RAKSAGARUTNEWS.COM – KARANGTENGAH

Sebelum Puskesmas Karangtengah menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD), mengenai pelayanan kepada masyarakat tetap menjadi skala prioritas. Apalagi pada saat ini puskesmas tersebut telah menjadi Puskesmas BLUD. Perihal pelayanan terhadap masyarakat benar-benar semakin ditingkatkan oleh para Pelaksana Teknis Kesehatan (PTK) di puskesmas tersebut. “Soalnya merekalah sebagai pemegang kunci kesuksesan dalam rangka pemberian layanan yang bermutu dan berkesinambungan terhadap masyarakat,” kata Kepala Puskesmas Karangtengah Kabupaten Garut, Arif Rahman Hidayat, S.Si.,Apt.

Terkait dengan hal itu, Arif mengatakan, dalam rangka Puskesmas Karangtengah mengaplikasikan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), maka segenap pelaksana tenknis kesehatan di puskesmas ini harus sanggup menerapkan standar pelayanan minimal, meningkatkan manfaat layanan bagi masyarakat, serta menerapkan praktek bisnis yang sehat, via Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah.

Puskesmas Karangtengah Dongkrak BLUD Via Kinerja PTK
Arif Rahman Hidayat, S.Si.,Apt Kepala Puskesmas Karangtengah Kabupaten Garut.

“Sebenarnya seiring setiap puskesmas menjadi puskesmas BLUD, Kesejahteraan para sukwan akan lebih meningkat. Seperti halnya di Puskesmas Karangtengah, para sukwan akan menerima gaji pokok, serta jasa pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan puskesmas ini,” ujar Arif.

Oleh karena itu, imbuhnya, apabila ingin meningkat, baik gaji pokok dan jasa pelayanan, tentunya kita dituntut bagaimana melakukan pemberdayaannya untuk meningkatkan mutu pelayanan yang berkesinambungan?

“Ternyata setelah saya kaji berulangkali, sebagai kunci keberhasilan dari Puskesmas dalam mengimplementasikan BLUD, salahsatunya adalah para pelaksana teknis kesehatan itu melalui pelayanannya harus bisa menjaminkan kepada masyarakat, bahwa seorang pelaksana teknis kesehatan itu benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat,” ungkap Arif.

Apabila dalam hal implemantasi pelayanannya tidak optimal, ujarnya, seperti ekspresi dan sikap pelayanannya kurang menyenangkan kepada masyarakat, maka masyarakat pun, bukan hanya malas untuk berobat, mereka akan memutuskan tidak akan mau lagi berobat ke Puskesmas. Akibatnya tidak akan tercipta citra pelayanan prima yang berkesinambungan dari pihak puskesmas terhadap masyarakat.

Intinya kunci sukses kemajuan Puskesmas Karangtengah dalam rangka menagaplikasikan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) itu ada dipundak segenap pelaksana teknis kesehatan, yakni dengan meningkatkan citra pelayanan prima yang berkesinambungan, diantaranya diawali dengan menghidangkan ferporment (kinerja) yang menyenangkan kepada masyarakat. ℗**Darma**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker