web stats
Pendidikan

SMP Tunas Harapan Cibatu Gelar USBNBK dan UNBK Mandiri

Akhirnya SMP Tunas Harapan Cibatu Mandiri Gelar USBNBK dan UNBK

RAKSAGARUTNEWS.COM – CIBATU

Awalnya SMP Tunas Harapan yang berada di wilayah Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut, sejak dicanangkannya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), atau Computer Based Test (CBT), para peserta didik di sekolah tersebut hanya mengikutinya  dengan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNBKP),  atau Paper Based Test (PBT).

Kini para siswa dari SMP Tunas Harapan, mulai Selasa kemarin (9/04/2019) sudah  melaksanankan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (USBNBK), serta mengikuti UNBK pada 22 – 25 April secara mandiri di sekolah tersebut, tanpa nebeng, alias numpang media ujian di sekolah milik sekolah lain.

Akhirnya SMP Tunas Harapan Cibatu Mandiri Gelar USBNBK dan UNBK
Hj. Teti Salehati, S.Pd.,M.Pd, Kepala SMP Tunas Harapan.

“Semula memang telah kami agendakan, pada tahun ini para siswa SMP Tunas Harapan mesti  mengikuti UNBK pada 22 Aprill hingga selesai, meskipun harus nebeng di sekolah tertentu yang telah lengkap media ujiannya,” kata Kepala SMP Tunas Harapan, Hj. Teti Salehati, S.Pd.,M.Pd.

Akan tetapi, ujarnya, karena dorongan dari guru-guru yang mengatakan, dari pada nebeng kepada sekolah lain, kasihan kepada para siswa harus mengeluarkan ongkos, serta pihak sekolah pun harus mengeluarkan anggaran sekitar 5 juta rupiah.  Lebih baik kita mandiri saja.

“Lalu saya menanyakan, berapa anggarannya? Guru-guru menjawab, paling 5 juta,  BU. Dengan uang sebesar itu, kita sudah memiliki server dan lainnya. Ternyata apa yang dibicarakan tersebut, malah kita kekurangan anggaran,” ungkap Hj. Teti.

Sehubungan kepalang tanggung, kata Hj. Teti, akhirnya pihak sekolah pun, selain mengajukan proposal kepada pemerintah untuk mendapat bantuan komputer, juga bermusyawarah dengan para pengurus Yayasan Tutwuri Handayani, bagaimana supaya satuan pendidikan ini bisa mandiri melaksanakan USBNBK dan UNBK memiliki komputer sendiri tidak nebeng kepada sekolah tertentu.

Alhasil, katanya, saat ini di SMP Tunas Harapan Cibatu memiliki 1 server dan 12 komputer. Lima komputer bantuan dari pemerintah, dan 7 komputer dari pihak Yayasan Tutwuri Handayani.

“Alhamdulillah, 12 komputer itu telah dioperasikan oleh para siswa yang di awali sewaktu melaksanakan USBNBK pada Selasa 9 April yang lalu hingga selesai.  Begitupun UNBK mulai pada tanggal 22 – 25 April kemarin, mereka sudah menggunakannya,” ucap Hj. Teti.

Mudah-mudahan saja, pungkasnya,  para siswa di sekolah ini, seiring dengan kemajuan teknologi, mereka benar-benar lebih mandiri serta memiliki kompetensi sebagai bekal masa depannya. ℗Darma.

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker