web stats
AgamaPendidikan

UN Santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Digelar Hari Ini

Serentak, Santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Mengikuti Ujian Nasional Hari Ini

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Santri Diniyah Takmiliyah Awaliyah mulai hari ini mengikuti ujian Nasional termasuk santri madrasah diniyah yang ada dikecamatan Garut Kota yang bertempat di Pesantren Persatuan Bentar 19 jalan Guntur, Kelurahan Ciwalen, Kecamatan Garut Kota dengan mengusung tema “Kita Sukseskan Visi dan Misi Kabupaten Garut dalam Mewujudkan Karakter Bangsa yang Cerdas, Bertakwa,dan Berahlaqul Karimah, Senin (8/4/2019).

Ketua FKDT (Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah) Kecamatan Garut Kota, Muhamad Rum yang didampingi Iin wakil bendahara dan Asep Setia panitia penyelenggara ujian mengatakan ada 28 madrasah Diniyah yang ada di Kecamatan Garut Kota dengan jumlah santri sebanyak 370 (tiga ratus tujuh puluh) pada hari ini mengikuti ujian Nasional.

“Ujian Nasional ini selama 4 hari mulai dari sekarang hari senin sampai dengan hari kamis dan untuk kecamatan Garut kota dari 370 santri yang mengikuti ujian dibagi di empat tempat yaitu di Pesantren Persatuan Islam Bentar sebanyak 174 santri sisanya di Madrasah Annajah Margawati, Madrasah jalan bank, Madrasah Lio dan Madrasah Al-Islah kota Kulon,” katanya.

Muhamad Rum menjelaskan bahwa ujian Nasional ini sebagai persyaratan mendapatkan ijazah Diniyah.

UN Santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Digelar Hari Ini
Ketua FKDT, M. Rum (Tengah Depan) Foto bersama Para Anggotanya

“Jadi di sekolah Madrasah Diniyah itu ada program ujian akhir sebagai syarat kelulusan dan mendapatkan ijazah dan bagi santri yang akan melanjutkan ke jengjang lebih tinggi ke SMP sederajat harus melampirkan ijazah tersebut sesuai dengan perda pendidikan nomer 11tahun 2011 tentang pendidikan,” jelasnya.

Disampaikannya, dalam ujian tersebut ada 6 mata pelajaran yang diujiankan yaitu Aqidah, Ahlak, Qur’an, bahasa Arab Fiqih dan Tarekh.

Diakhir M.Rum berharap Ijazah Diniyah Takmiliyah ini diperdakan khusus kedepannya.

“Kalau perda nomer 11 tahun 2011 itu sifatnya umum, kami harap ada perda khusus bagi Madrasah Diniyah kedepannya, katanya sekarang lagi penggodogan tentang perda khusus Madrasah Diniyah dan tahun 2020 akan terbit, mudah-mudahan terbit dan menjadi persyaratan mutlak untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi sebab pendidikan agama sangat penting sekali buat anak-anak,” harapnya. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker