web stats
Raksa Desa

Desa Sindanggalih Gondol Apresiasi BBGRM 265 Juta Rupiah

Desa Sindanggalih Pertahankan Garut Juara BBGRM Provinsi Jabar

RAKSAGARUTNEWS.COM – KARANGTENGAH 

Pada tahun ini (2019) Desa Sindanggalih benar-benar sukses mempertahankan Kabupaten Garut berturut-turut menjadi Juara 1 Lomba Pelaksana Terbaik Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019. Sehingga berkat mempertahankan kejuaraan itu, pada bulan April kemarin, desa tersebut menggondol uang apresiasi sebesar 265 juta rupiah.

Berdasarkan tim penilai dari Dinas Provinsi Jawa Barat, Desa Sindanggalih yang ada di wilayah kerja Pemerintahan Kecamatan Karangtengah, dinyatakan layak menjadi juara BBGRM Provinsi Jawa Barat. Pasalnya 4 bidang yang menjadi sekala prioritas dalam penilaian, yakni di bidang kesehatan, infrastruktur, ekonomi, dan keagamaan, setelah pihak penilai dari Dinas Provinsi Jawa Barat klarifikasi lapangan, benar-benar antara tertib administrasi dari ke-4 bidang yang menjadi sekala prioritas penilaian, sesuai dengan fakta di lapangan.

Desa Sindanggalih Gondol Apresiasi BBGRM 265 Juta Rupiah
Dra. Hj. Ety Nurul Hayati, M.Si, Camat Karangtengah Kabupaten Garut

Mengomentari hal terebut, Camat Karangtengah Kabupaten Garut, Dra. Hj. Ety Nurul Hayati, M.Si, mengatakan, semenjak H. Rudi Gunawan menjadi bupati definitif, Kabupaten Garut terus menerus secara berturut-turut menjadi juara BBGRM.  Hingga saat ini berikut yang diwakili oleh Desa Sindanggalih, Garut telah menjadi juara 6 kali, yakni sebagai Juara 1 Lomba Pelaksana Terbaik Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Bupati Garut dalam sambutannya sewaktu Klarifikasi Lapangan Penilaian Pelaksana Terbaik BBGRM Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019,   pada Senin kemarin ( 15 April tahun ini) menyatakan, ketika Desa Sindanggalih menjadi juara BBGRM, Bupati akan memberikan apresiasi sebesar 200 juta rupiah. Uang sebesar itu, katanya, silahkan belikan mobil sebagai inventaris desa,” kata Camat Karangtengah.

Ternyata, ujar Hj. Ety, di Desa Sindanggalih, setelah melalui serangkaian penilaian klarifikasi lapangan, antara tertib administrasi dari ke-4 bidang yang menjadi barometer penilaian, dengan ditunjang oleh antusias masyarakat mengikuti penilaian tersebut, benar-benar sesuai dengan fakta di lapangan.

Diantaranya, dalam bidang Keagamaan, pendirian bangunan masjid pesantren KH. Jujun Junaedi senilai 5 miliar rupiah, mutlak hasil dari anggaran swadaya masyarakat.  Begitupun keinginan masyarakat untuk memiliki jalan baru, dari Lampingsari ke Babakan Cikacang, hingga ke Bangkarawak Karangmulya, dengan tingkat kesadarannya yang sangat luar biasa, masyarakat pemilik tanah yang dilalui oleh jalan baru itu, mereka berdatangan ke Kantor Desa Sindanggalih untuk menghibahkan tanah miliknya.

Desa Sindanggalih Gondol Apresiasi BBGRM 265 Juta Rupiah
Simbolis Juara 1 Lomba Pelaksana Terbaik BBGRM Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2019

Alhasil, ujarnya, dengan adanya fakta di lapangan mengenai serangkaian kegiatan swadaya gotong royong yang benar-benar sesuai dengan tertib administrasi yang tercatat oleh Pemerintahan Desa Sindanggalih, akhirnya desa tersebut yang terpilih untuk mewakili Kabupaten Garut,  pada tahun ini menjadi juara Peringkat 1 Lomba Pelaksana Terbaik BBGRM Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Desa Sindanggalih Pertahankan Garut Juara BBGRM Provinsi Jabar
Simbolis Juara 1 Lomba Pelaksana Terbaik BBGRM Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019

Alhamdulillah, ucapnya, kini Desa Sindanggalih, berkat menjadi juara BBGRM, meraih uang apresiasi sebesar 265 juta rupiah, yaitu dari Bupati Garut sebesar 200 juta rupiah, dari Dinas Kabupaten Garut 25 juta rupiah dan 40 juta rupiah dari Dinas Provinsi Jawa Barat. Jika ditotalkan apresiasi dari mulai Juara 1 Lomba Pelaksana Terbaik BBGRM Tingkat Kabupaten hingga peringkat 1 Tingkat Provinsi Jawa Barat, totalnya menjadi 265 juta rupiah.

“Maka dari itu, dengan terpilihnya Desa Sidanggalih sebagai juara peringkat 1  Lomba Pelaksana Terbaik BBGRM Tingkat Provinsi Jawa Barat, tentunya saya selaku Camat Karangtengah mengharapkan sekali, desa-desa lainnya yang ada di wilayah kerja Pemerintahan Kecamatan Karangtengah, bisa meraih apresiasi sebagaimana prestasi yang disandang oleh Desa Sindanggalih,” kata Hj. Ety. Darma.

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker