web stats
Aneka Peristiwa

Lurah Cimuncang Bersyukur Warganya Terhindar Jadi TKI Ilegal

Lurah Cimuncang Bersyukur Warganya Tidak Berangkat Menjadi TKW di Timur Tengah

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Tujuh orang Tenaga Kerja Wanita (TKW) berasal dari Garut yang akan diberangkatkan ke timur tengah terpaksa dipulangkan oleh petugas tenaga kerja pusat ke daerah asalnya, dikarenakan dokumennya tidak resmi. Adapun ketujuh orang tersebut berasal dari 5 kecamatan diantaranya Kecamatan Pamempeuk, Cibalong, Cilawu, Wanaraja dan Kecamatan Garut Kota.

“Kami beserta Bareskrim mengadakan pemeriksaan dokumen ketenagakerjaan di penampungan para calon TKW dan kami temukan 7 orang TKW ilegal asal Garut,Sudah menjadi kewajiban dan tugas kami untuk mengantar para calon TKW yang tidak resmi atau istilahnya ilegal ke tempat asalnya,” kata Darmu susilo dari Direktorat TKLN (Tenaga Kerja Luar Negeri) didampingi Tedi Kadis Naker Garut pada Raksa Garut News setelah menyerahkan 7 TKW asal Garut, di kantor Dinas Tenaga Kerja Garut Jalan Pramuka, Pakuwon Garut Kota.

Untuk bekerja di luar negeri, Darmu menegaskan bahwa para calon tenaga kerja luar negeri harus menempuh prosedur yang resmi dan legal.

“Kalau resmi dan legal, nantinya ada pengawasan dan perlindungan dari pemerintah, kalau ada apa-apa kami bertanggung jawab,” tutur Darmu.

Lurah Cimuncang Bersyukur Warganya Terhindar Jadi TKI Ilegal
Penyerahan tenaga kerja ilegal asal Garut dari Direktorat TKLN ke Disnaker Garut

Sementara itu masih ditempat yang sama Asep, Kepala kelurahan Cimuncang Kecamatan Garut Kota didampingi Kudus anak dari Siti Nurjanah TKW yang dipulangkan merasa bersyukur karena salah satu warganya selamat dari korban TKW ilegal.

“Alhamdulillah kami berterima kasih sekali pada pemerintàh pusat maupun pemkab Garut, karena salah satu warga kami Siti Nurjanah (54) warga RW 11 kampung Balariuk terhindar dari tenaga kerjà ilegal ini berkat kesigapan dari pihak pemerintah dan kepolisian, coba kalau seandainya tidak ada pemeriksaan terus berangkat tidak terbayang disananya,” ujarnya.

Hal yang sama disampaikan kudus (36) anak dari Siti Nurjanah bahwa dirinya merasa tenang karena ibunya pulang dengan selamat.

“Selama 3 minggu ibu saya di penampungan, biasanya tidak lama makanya saya heran soalnya ibu sudah sering bekerja di luar negeri tapi syukur alhamdulillah ibu saya selamat dari tenaga kerja ilegal terus terang saya tenang soalnya ditangani pihak dinas tenaga kerja Garut dan pusat,” ungkap Kudus. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker