web stats
Aneka Peristiwa

Jalin Silaturahmi, Jaga Satru PP Garut Gelar Halalbihalal

Tri Dharma Jagasatru yang Akan Merubah Paradigma Masyarakat Terhadap Ormas PP

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Badan Satuan Jagasatru yang berdiri 3 bulan lalu merupakan sebuah badan di ormas Pemuda Pancasila yang terkenal dengan slogan Tri Dharmanya yaitu Silaturahmi, Persaudaraan dan Gotong royong menggelar halalbihalal dan Silaturahmi tadi siang di alam terbuka tepatnya bertempat di obyek Wisata Domba (Wisdom) kampung Rancabango, Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut, Minggu (16/6/2019).

Ketua Badan Satuan Jagasatru, Rd. Jaka Umaran meyampaikan bahwa pihaknya sengaja menggelar halalbihalal dan silaturahmi di alam terbuka, tujuannya yaitu untuk menyejukan pikiran dan hati dan mendekatkan diri pada sang maha pencipta yaitu Alloh SWT.

“Biasanya kami kalau mengadakan pertemuan di dalam ruangan tapi sekarang kami menggelar pertemuan di alam terbuka apalagi di pegunungan udaranya masih segar dan sejuk jauh dari polusi dan sekalian kami mentadaburi alam ciptaan sang kholiq yang begitu indah dan mempesona,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa manusia tak luput dari kehilapan dan kealpaan, oleh karena itu pihaknya memanfaatkan momen ini untuk saling memaafkan satu sama lain dan dimanfaatkan pula sebagai sarana silaturahmi untuk mempererat ikatan persaudaraan sesama anggota Jaga Satru.

Jaka menjelaskan bahwa Jagasatru itu merupakan akronim dari Jagjag Raga Satria Rumaksa yang punya makna yaitu satria yang gagah berani sehat lahir batin membela yang benar dan membantu yang lemah.

“Makanya tujuannya Jagasatru berdiri untuk merubah paradigma masyarakat terhadap Pemuda Pancasila yang beranggapan arogansi, pemabuk dan berandal serta jauh dari agama. Kami punya slogan Tri dharma yaitu tiga aturan atau kewajiban yang mesti kami pegang pertama silaturahmi maksudnya kita akan jalin terus jalinan silaturahmi dengan pihak manapun termasuk dengan masyarakat terus yang kedua yaitu gotong royong maksudnya kami siap turun untuk membantu baik pikiran dan tenaga kala dibutuhkan oleh semua serta ketiga yaitu persaudaraan maksudnya adalah kami Jagasatru akan bersinergi baik dengan Pemerintah, TNI dan Polri dan pihak lainnya,” terangnya.

Jalin Silaturahmi, Jaga Satru PP Garut Gelar Halalbihalal
Ketua Jagasatru, Rd. Jaka Umaran (Kedua dari Tengah) Foto Bersama Pengurus

Pihaknya berharap, keberadaan Jagasatru bisa bermanfaat bagi semua pihak, terutama bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami berharap kehadiran kami dimanapun, kapanpun bisa bermanfaat bagi semua sehingga keberadaan kami sangat diharapkan kehadirannya,” harap Jaka. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker