web stats
InformasiKesehatan

Masuki Musim Kemarau, Suhu Dingin Landa Kabupaten Garut

Siapkan Pakaian Hangat Ketika Bepergian Keluar, Garut Dilanda Cuaca Dingin

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Beberapa hari terakhir ini, kondisi suhu udara di Kabupaten Garut terasa lebih dingin dibandingkan biasanya. Terlebih, Suhu udara terasa semakin dingin ketika memasuki malam hari hingga dini hari.

Sebagaimana terpantau di laman Prakiraan Cuaca milik BMKG, suhu udara di Kabupaten Garut dalam beberapa hari kedepan mencapai titik terendah di angka 18 derajat celcius dengan kecepatan angin bervariasi mulai dari 4 hingga 19 Km/Jam berhembus dari arah tenggara. Alhasil, dengan suhu serendah itu, warga Garut harus mengenakan pakaian hangat untuk bepergian ke luar rumah, terlebih saat malam hari.

Peneliti Cuaca dan Iklim BMKG Provinsi Jawa Barat, Muhamad Iid Mujtahiddin menuturkan, suhu dingin dalam beberapa hari terakhir secara umum di Jawa Barat merupakan fenomena yang biasa atau wajar. Dikatakannya, fenomena tersebut menandakan datangnya periode musim kemarau.

Saat musim kemarau, lebih lanjut Iid menyampaikan bahwa angin bertiup yang melewati Jawa Barat, angin pasat tenggara atau angin timuran dari arah Benua Australia dan pada bulan Juli, Agustus, September di Australia sedang mengalami puncak musim dingin, sehingga suhunya relatif lebih dingin dibandingkan musim penghujan.

“Terpantau dari alat pengukur suhu udara, tercatat selama bulan Juni 2019 ini, suhu udara terendah tercatat sebesar 17 derajat celcius pada Jumat (21/6/2019),” kata Muhamad Iid sebagaimana dilansir laman liputan6.com.

Pihaknya memprediksi puncak musim kemarau akan terjadi bulan Agustus – September dengan karakteristik suhu udara dingin dan kering.

Dengan karakteristik suhu udara dingin dan kering seperti ini, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kondisi badan supaya tetap fit, salah satu di antaranya, saat bepergian ke luar rumah selalu mengenakan baju hangat atau jaket dan mengonsumsi buah-buahan serta sayuran. **Red**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker