web stats
LegendaMisteri

Batu Tapak Kaki Manusia dan Harimau di Bukit Silayung Cibatu

Penemuan Batu Jejak Telapak Kaki Manusia dan Harimau di Gunung Silayung Cibatu

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Bangsa Indonesia merupakan sebuah bangsa yang memiliki nilai-nilai budaya dan peradaban yang tinggi, ini terbukti dengan begitu banyaknya peninggalan-peninggalan sejarah dari masa lampau. Semua peninggalan bersejarah penting artinya bagi sebuah negara, peninggalan sejarah merupakan kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya.

Belum lama ini di Kabupaten Garut, tepatnya di kawasan Bukit Silayung, Kampung Dukuh, Desa Karyamukti, Kecamatan Cibatu telah ditemukan sebuah batu yang diduga sebuah prasasti peninggalan sejarah, prasasti tersebut berupa bekas tapak kaki manusia dan harimau.

Penemuan batu prasasti tapak kaki manusia dan harimau tersebut ada di lahan tanah carik Desa Karyamukti yang belum lama ini dibersihkan dari rerumputan dan ilalang oleh warga setempat.

Saat diminta keterangan, penemu sekaligus pemerhati lingkungan dan budaya sunda, Anton Galuma A.Md.Kom mengatakan pada Raksa Garut News, bahwa batu tersebut kemungkinan ada kaitannya dengan sejarah kerajaan Prabu Siliwangi.

Batu Tapak Kaki Manusia dan Harimau di Bukit Silayung Cibatu
Pemerhati Lingkungan dan Budayawan Sunda, Anton Galuma, A.Md.Kom Penemu Batu Jejak Telapak Manusia dan Harimau di Gunung Silayung Batu

“Penemuan itu sebenarnya tidak sengaja, pas kami sedang berkunjung mengadakan kunjungan ke Gunung Silayung yang berdekatan dengan Gunung Sadakeling tersebut dalam rangka menelusuri jejak karuhun tepatnya pada hari kamis kemarin, ada sebuah batu yang aneh setelah kami perhatikan ada bekas telapak kaki harimau dan manusia, sebelah kanan bekas kaki manusia dan sebelah kiri bekas kaki harimau ,ini mungkin ada kaitannya dengan kerajaan Prabu Siliwangi,” ungkap Anton melalui sambungan telepon, Sabtu (6/7/2019).

Biasanya jika sebuah prasasti berupa tapak kaki peninggaan jaman kerajaan dahulu, ia menjelaskan bahwa hal tersebut melambangkan kekuasaan raja atas daerah tempat ditemukannya prasasti tersebut atau juga melambangkan kekuasaan dan eksistensi seseorang (biasanya penguasa).

Baca juga : Sebongkah Batu Besar, Diduga Prasasti Buaya di Sungai Cimanuk Garut

Untuk menguak misteri keberadaan batu tersebut, lebih lanjut Anton menegaskan bahwa hal itu dibutuhkan penelitian yang lebih khusus dan intensif oleh para ahli sejarah atau arkeolog.

“Kalau sudah ada penelitian yang lebih lanjut kita jadi akan tahu bahwa di daerah ini ada sebuah kerajaan dan atau tempat persinggahan prabu Siliwangi yang pada intinya bahwa daerah ini merupakan situs sejarah,” tuturnya.

Batu Tapak Kaki Manusia dan Harimau di Bukit Silayung Cibatu
Batu yang Diduga Sebuah Prasasti Jejak Telapak Kaki Manusia dan Harimau

Jika setelah dilakukan penelitian terbukti sebagai peninggalan bersejarah, ia yakin akan sangat bermanfaat sekali, sebagai bahan studi atau penelitian di samping juga dapat dijadikan sebagai obyek wisata sejarah.

Anton berharap kepada Pemerintah Daerah untuk menindak lanjuti penemuan yang diduga peninggalan sejarah di kawasan utara Garut tersebut.

“Kami harap Pemerintah Daerah dalam hal ini Disparbud, segera menindak lanjuti penemuan ini jangan dibiarkan begitu saja, siapa tahu itu memang betul bukti situs sejarah,” pungkasnya. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker