web stats
Pendidikan

Kegiatan KKN Mahasiswa UPI di Kelurahan Suci Kaler

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Adakan KKN di Kelurahan Suci Kaler

RAKSAGARUTNEWS.COM – KARANGPAWITAN

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dari Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial menyampaikan Visi dan Misi dalam sosialisasi program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) di hadapan para Kader, tokoh masyarakat serta tokoh agama Kelurahan Suci Kaler di Aula Kelurahan Suci Kaler, Karangpawitan Garut, selasa (23/7/2019).

Ketua kelompok KKN, Rizki mengatakan visi yang diemban dalam KKN di Kelurahan Suci Kaler tersebut adalah menumbuhkan sinergitas masyarakat dengan mahasiswa melalui kegiatan kuliah kerja nyata berbasis pemberdayaan dan pembangunan berkelanjutan.

“Kami berjumlah 11 orang yang mengadakan KKN di kelurahan Suci Kaler, kami ingin memberikan yang terbaik buat warga masyarakat disini dari berbagai bidang dengan ilmu yang kami dapat selama kami menuntut ilmu di UPI,” katanya.

Salahsatu contoh pelaksanaan programnya, lebih lanjut dia menerangkan, seperti pembangunan di bidang lingkungan, yaitu menciptakan lingkungan Suci Kaler yang bersih dan asri dan bernilai ekonomis dengan didirikannya bank sampah. Maksudnya kata dia, sampah yang unorganik seperti sampah plastik, masyarakat menabung dengan sampah tersebut yang nantinya akan dinilaikan dengan uang.

Untuk memelihara dan menjaga Garut yang terkenal dengan masyarakat agamisnya, pihaknya akan membuat gerakan masyarakat mengaji (GEMA).

Dalam bidang peningkatan ekonomi masyarakat, Rizki juga menyampaikan akan melaksanakan pembinaan di bidang pemasaran berbasis digitalisasi.

“Sekarang zamannya digital, kita mau tidak mau harus mengikutinya kalau tidak akan ketinggalan termasuk dalam hal ekonomi dan kewirausahaan maka dari itu kami mengajarkan pada masyarakat disini tentang kewirausahaan lewat media digital,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa badan yang sehat merupakan cerminan jiwa yang kuat, menurutnya untuk bidang kesehatan bagi masyarakat Suci Kaler, terutama yang lanjut usia dan Balita, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Pukesmas setempat).

Sementara itu dalam bidang pendidikan, pihaknya akan mengadakan program untuk penguatan karakter anak.”Kami berikan Sex education, cara menggosok gigi dan cara mencuci tangan bagi anak-anak,” Ucapnya.

Kegiatan KKN Mahasiswa UPI di Kelurahan Suci Kaler
Kepala Kelurahan Suci Kaler, Hj. Susilawati Bersama Jajarannya dan Babinsa Suci Kaler Foto Bersama Kelompok KKN Posdaya UPI

“Sedangkan di bidang sosial budaya, untuk menjalin kebersamaan masyarakat kami tanamkan sifat gotong royong dan sinergitas, itu semua misi kami kelompok KKN posdaya di Kelurahan Suci Kaler,” ujarnya.

Rizki menjelaskan bahwa itu semua bertujuan untuk mendorong terpeliharanya infrastruktur sosial berdasarkan kearifan budaya lokal sehingga memperkuat keutuhan sebagai bangsa Indonesia.

Sementara itu, Kepala Kelurahan Suci Kaler, Hj. Susilawati didampingi Iwan, Kasi Pemerintahan dan Serda Yadi, Babinsa Suci Kaler mengatakan sangat terbantu sekali dengan keberadaan Mahasiswa UPI yang KKN di wilayah kerjanya.

“Setelah mendengarkan Visi dan misi mereka yang melaksanakan KKN di wilayah kerja kami, kami siap dukung dan dorong sebab itu untuk kebaikan bersama dan program-program kami alhamdulillah sangat terbantu sekali dengan kedatangan mereka (Mahasiswa) di kelurahan Suci Kaler,” kata Susilawati.

Pihaknya berharap, dengan keberadaan mereka bisa membantu dan mendorong Suci Kaler kearah kemajuan dalam segala bidang. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker