web stats
Raksa Desa

Pembangunan di Desa Tanjungsari Kedepankan Asas Transparansi

Desa Tanjungsari Kecamatan Karangpawitan Utamakan Skala Prioritas dalam Pembangunan

RAKSAGARUTNEWS.COM – KARANGPAWITAN

Skala prioritas adalah hal yang diutamakan di dalam segala hal, termasuk dalam pembenahan dan pembangunan wilayah. Hal tersebut sebagaimana yang dilakukan Pemerintahan Desa Tanjung Sari, Kecamatan Karangpawitan, Garut.

“Sebelum dilaksanakan pembangunan kami selalu adakan pemetaan langsung ke masyarakat, mana yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat banyak itu yang dijadikan skala prioritas untuk segera di bangun,
masyarakat sangat membutuhkan sarana air bersih,sebab air merupakan summber kehidupan kami adakan pengeboran serta saluran air bersihnya kami bangun,” kata Kepala Desa Tanjungsari, Uton Supian pada Raksa Garut News saat ditemui di lokasi pembangunan sarana irigasi, Senin (1/7/2019).

Dengan mayoritas berprofesi sebagai petani, Uton menyampaikan bahwa masyarakat Tanjungsari tentunya memerlukan sekali sarana air untuk mengairi lahan.

Pembangunan di Desa Tanjungsari Kedepankan Asas Transparansi
Pembangunan Saluran Air di Desa Tanjungsari

“Seperti yang sedang kami bangun sekarang ini yaitu sarana irigasi sejauh 400 meter sepanjang jalan desa yang melewati 2 kampung, yakni kampung Cijeruk dan Cirende meliputi 3 RW, ini pembangunan tahap 2 dari pencairan dana desa,” imbuhnya.

Uton menjelaskan pembangunan meliputi infrastruktur kewilayahan, setiap RW sebesar 60 persen seperti jalan lingkungan, sarana air bersih dan lainnya dan untuk infrastruktur dasar 40 persen seperti perbaikan jalan desa, pembangunan sarana kesehatan.

Pembangunan di Desa Tanjungsari Kedepankan Asas Transparansi
Kepala Desa Tanjungsari, Uton Sopian

“Transparansi sangat dibutuhkan didalam melaksanakan setiap pembangunan sebagaimana di anjurkan oleh pemerintah, maka kami pangpang di depan kantor desa mulai dari RAB nya sampai speknya, itu semua kami lakukan supaya masyarakat mengetahuinya,” jelasnya.

Pembangunan di Desa Tanjungsari Kedepankan Asas Transparansi
Papan RAB dan Spek Pembangunan yang Terpangpang di Depan Kantor Desa Tanjungsari

Meskipun pembangunan insfrastruktur sudah mencapai 70 persen, namun pihaknya berharap dana desa tetap turun sebab pembangunan bukan terbatas pada infrastruktur saja, namun perekonomian, kesehatan dan pendidikannya juga harus dibangun. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker