web stats
Raksa DesaSosok

Aktivitas Kades Sukawening Menjelang Turunnya SK Bupati Garut

Menjelang Turunnya SK Bupati Garut, Kades Sukawening Tak Berpangku Tangan

RAKSAGARUTNEWS.COM –SUKAWENING

Ali Agus, SE., Kades Sukawening periode 2013-2019, pada saat menunggu Surat Keputusan (SK) Bupati Garut mengenai pemberhentian menjadi kepala desa karena telah habis masa jabatannya, tak lantas diam berpangku tangan. Ia tetap bertanggung jawab terhadap masyarakat dengan melakukan aktivitas mengawal pelaksanaan program pembangunan yang dilaksanakan pada tahun ini(2019).

Berdasarkan hasil Musyawarah Rencana Pembangunan Desa Sukawening (Musrenbangdes Sukawening) tahun 2018 untuk Rencana Kerja Pembangunan Desa Sukawening (RKPDes Sukawening) yang dilaksanakan pada tahun ini (2019),  diantaranya Tembok Penahan Tanah (TPT) di Kampung Gadog, sumur artesis di Kampung Sukawening, pengerasan jalan di Kampung Bangkonol, TPT di lingkungan satuan pendidikan SDN Sukawening Kampung Gadog, dan pembangunan hotmix jalan lingkungan di Kampung Mulabaruk sampai ke Pesantren.

Kendatipun program pembangunan tersebut dilaksanakan pada saat menjelang dan berakhirnya Ali Agus memangku jabatannya sebagai Kades Sukawening Kabupaten Garut Jawa Barat, namun ia selalu memantau aplikasi anggaran dari pemerintah oleh  tim pelaksana kerja kegiatan pembangunan yang dilaksanakan bersama masyarakat.

Menurutnya, program pembangunan pada tahun ini, yang disepakati melalui Musrenbangdes, merupakan kegiatan pembangunan yang diputuskan sewaktu dirinya masih definitif menjadi Kades Sukawening. “Oleh karena itu, demi  tanggung jawab saya terhadap masyarakat Sukawening, maka saya tak akan melepas begitu saja. Saya tetap akan mengawalnya kegiatan pembangunan itu sampai tuntas,” ungkap Ali Agus.

Alhamdulillah, ucapnya,”Ketika saya memantau pembangunan TPT di Kampung Gadog RT.04, RW.04 Desa Sukawening, dengan tingginya 1-3 m dan panjangnya 145 m. Terlihat telah rampung dikerjakan,” kata Ali Agus.

Selain itu, lanjutnya,  seiring dengan pembangunan TPT di Kampung Gadog, pada saat itu di Kampung Bangkonol juga lagi dilaksanakan pengerjaan pengerasan jalan. Begitupun di Kampung Sukawening pas di belakang Kantor Desa Sukawening , pengeboran artesis telah selesai dilaksanakan.

Sedangkan untuk anggaran PPIP, imbuhnya, berdasarkan hasil Musrenbangdes Sukawening 2018, pada tahun ini dialokasikan untuk TPT satuan pendidikan SDN Sukawening Kampung Gadog.

“Selanjutnya alokasi untuk Dana Desa tahap ke-3 tahun ini, sesuai dengan Musrenbangdes Sukawening 2018, telah disepakati untuk pembangunan jalan lingkungan di Kampung Mulabaruk sampai ke Pesantren,” ujarnya.

Menjelang Turunnya SK Bupati Garut, Kades Sukawening Tak Berpangku Tangan
Amas Sutisna

Sementara itu, terkait dengan tanggung jawab Ali Agus pada saat menunggu SK Bupati Garut tentang pemberhentian menjadi kepala desa, Amas Sutisna Ketua RW.04 Kampung Gadog Desa Sukawening mengatakan, tanggung jawab Ali Agus sebagai Kades Sukawening untuk masyarakat Sukawening begitu luar biasa sekali. Meskipun telah habis masa jabatannya, namun sambil menunggu Surat Keputusan dari Bupati Garut, dedikasinya sangat luar biasa. Ia terus mengawalnya  program-program pembangunan yang kini lagi dilaksanakan untuk masyarakat.

“Maka dari itu, saya mengharapkan sekali sosok Ali Agus ini terpilih lagi oleh masyarakat menjadi Kepala Desa Sukawening untuk periode 2019-2025,” pungkas Amas Sutisna Ketua RW.04 Kampung Gadog Desa Sukawening sewaktu ditemui di lokasi pembangunan TPT Gadog. ℗Darma.

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker