web stats
Kesehatan

Sosialisasi UKS dan BIAS UPT Puskesmas Cimaragas Pangatikan

Upaya Tingkatkan Kesehatan Sekolah, Puskesmas Cimaragas Pangatikan Gelar Sosialisasi UKS dan BIAS

RAKSAGARUTNEWS.COM – PANGATIKAN

Guna meningkatkan kesehatan anak di sekolah-sekolah yang berada di wilayah kecamatan pangatikan, UPT Puskesmas Cimaragas mengadakan sosialisasi Tim Pelaksana Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Kegiatan BIAS atau Bulan Imunisasi Anak Sekolah, bertempat di Aula Puskesmas Cimaragas.

Acara sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kasi Kesra Kecamatan Pangatikan, Usep E Royendi, SE (Perwakilan Kecamatan) Kepala UPT Puskesmas Cimaragas, Hj. Ai Sri Suminarsih, S. Kep., Ners., M.Si, para staf Puskesmas bidang UKS dan BIAS, para kepala sekolah serta guru yang menjadi tim UKS di sekolah.

Dalam sambutannya Kasi Kesra Kecamatan Pangatikan, Usep E Royendi, SE mengatakan, kesehatan di sekolah khususnya bagi anak sangatlah penting untuk menciptakan nuansa belajar yang tenang dan semangat. Dikatakannya, di lingkungan sekolah yang harus nomor satu adalah kesehatan lingkungan dan kesehatan anak, karena kalau lingkungan sekolah tidak sehat kegiatan belajar akan terganggu.

Sosialisasi UKS dan BIAS UPT Puskesmas Cimaragas Pangatikan
Suasana Sosialisasi UKS dan BIAS UPT kepada Kepala Sekolah dan Guru Perwakilan yang Diselenggarakan oleh Puskesmas Cimaragas Pangatikan

Kepala UPT Puskesmas Cimaragas, Hj. Ai Sri Suminarsih, S. Kep., Ners., M.Si menyampaikan, anak-anak sekolah adalah generasi penerus dimasa yang akan datang, untuk itu pihaknya mengajak untuk sama-sama menjaga mereka, khususnya dalam kesehatan.

“Kesehatan anak adalah kondisi dimana anak-anak bisa nyaman dalam belajar serta nyaman dalam melaksanakan kegiatan di sekolah. Kesehatan tidak hanya badan dan jiwa nya anak tetapi lingkungan juga harus sehat,” ungkapnya.

Para petugas UPT Puskesmas Cimaragas bidang UKS dan BIAS Hj. Tenti Suswanty S. Keb dan Ririn menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan kedua hal tersebut.

Hj. Tenti Suswanty S. Keb mengungkapkan, pemberian vaksin pada bulan imunisasi anak sekolah yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus merupakan program rutinitas kepada para siswa siswa di sekolah, untuk itu ia mengajak kepada seluruh yang terlibat dalam sosialisasi bekerja sama dengan pihak Puskesmas agar bulan imunisasi anak sekolah berjalan dengan lancar.

Sementara itu, Rinrin berharap, di sekolah diusahakan dibentuk kembali tim pelaksana UKS guna menjadi Mitra Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan di sekolah, yang mana lingkungan sekolah bisa menjaga kesehatan serta menjadi tempat pertolongan pertama kesehatan di sekolah. **Dadan Farid Ridwan**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker