web stats
Informasi

Bupati Garut : Tol Bandung Cilacap akan Lewati Kawasan Kota

Banyuresmi dan Cilawu Ditetapkan jadi Gerbang Tol Bandung Cilacap di Garut

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Keberadaan jalan tol Cileunyi – Garut – Tasik (Cigatas) yang kini berubah nama menjadi jalan tol Bandung – Cilacap tentu sangat disambut baik oleh pemerintah dan masyarakat Garut, karena jalan tol itu diyakini bisa mengatasai masalah kemacetan yang selama ini sering terjadi. Dapat dipastikan jalur tol penghubung Bandung-Cilacap tersebut akan melewati kawasan perkotaan Garut.

Kepastian tersebut diungkapkan Bupati Garut, Rudy Gunawan. Bahkan hal itu, menurutnya, sudah menjadi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

“Benar, saya sudah mendapatkan kepastian dari Pemprov Jabar bahwa tol Bandung-Cilacap akan melewati kawasan perkotaan Garut. Penlok (penentuan lokasi)-nya pun sudah siap,” ujar Rudy, Sabtu (28/9/2019).

Perihal tol Bandung-Cilacap, kata Rudy, akan terdapat dua gerbang tol (Exit Tol) di wilayah Garut. Disampaikannya, Gerbang tol pertama akan berada di kawasan Kecamatan Banyuresmi dan gerbang kedua ditetapkan berada di kawasan kota tepatnya di sekitar Cimaragas, Kecamatan Cilawu.

“Keberadaan dua gerbang tol itu sudah cukup baik dan sangat membantu meskipun idealnya ada tiga gerbang tol di Garut,” tuturnya.

Meski begitu, pihaknya telah mengajukan agar di Garut ada tiga gerbang tol untuk lebih mempermudah namun yang direalisasi Pemprov Jabar hanya dua gerbang tol.

Keberadaan dua gerbang tol itu dinilai Rudy akan sangat membantu kelancaran akses jalur darat menuju Garut. Selama ini akses menuju Garut, Rudy mengeluhkan sering mengalami kemacetan terutama di sekitar kawasan Kadungora hingga Tarogong, sehingga hal ini sangat mengganggu.

Total panjang jalan tol yang terdapat di wilayah Kabupaten Garut mencapai 27 kilometer, disampaikannya, ada beberapa wilayah kota yang akan terlintasi jalan tol di antaranya kawasan Tarogong Kaler.

“Tentu kami sudah harus siap menyambut pembangunan tol di daerah kami ini. Kami bahkan sangat bersyukur di daerah kami ada tol apalagi melewati jalur kota,” katanya. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker