web stats
Pendidikan

Mukhoyam Gerakan Kepanduan SY Persis 19 Bentar Garut

450 Santri Tingkat Tsanawiyah PPI 19 Bentar Mengikuti Mukhoyam di Wanagiri

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Sebanyak 450 santri Gerakan Kepanduan Syubbhanal Yaum Pesantren Persatuan Islam 19 Bentar Garut pada hari ini mengikuti Mukhoyam (Camping) selama 2 hari 3 malam bertempat di Wanagiri Kecamatan Pamulihan Garut, Selasa (3/9/2019).

Pimpinan Pesantren Persatuan Islam 19 Bentar Garut, H. Uban Subandi mengatakan kegiatan Mukhoyam (kamping) tersebut merupakan agenda rutin tahunan Gerakan Kepanduan Syubbanal Yaum Pesantren Persatuan Islam 19 Bentar dalam rangka mendidik karakter santri.

Menurutnya, Kegiatan Mukhoyam ini yang ke 12 kali semenjak kepanduan Syubbanaul Yaum berdiri pada tahun 2005, yang mengikuti Mukhoyam untuk hari ini 198 RG (Rijjalul Ghad-santri laki-laki) dan 252 UG (Ummahatul Ghad- santri perempuan) tingkat Tsanawiyah.

Mukhoyam Gerakan Kepanduan SY Persis 19 Bentar
Pimpinan Pesantren Persatuan Islam 19 Bentar, H. Uban sedang Memberikan Pengarahan kepada Santri yang Akan Mengikuti Mukhoyam

“Sebelumnya pada bulan kemarin tingkat Mu’alimin melaksanakan Mukhoyam, hanya tempatnya berbeda yaitu di daerah pegunungan Kamojang Kecamatan Samarang, kegiatan ini merupakan agenda tahunan kami untuk mendidik karakter anak supaya mencintai alam dan menanamkan rasa kebersamaan pada diri santri dan menanamkan jiwa Leadership sebab mereka adalah calon-calon pemimpin dimasa yang akan datang,” katanya.

Mukhoyam Gerakan Kepanduan SY Persis 19 Bentar
Sebanyak 450 Santri yang Akan Mengikuti Mukhoyam di Wanagiri

Santri yang mengenyam pendidikan di PPI 19 Bentar, tutur H. Uban, bukan berasal dari Garut saja, namun ada yang berasal dari luar Garut bahkan dari luar pulau Jawa, seperti dari Sumatra, NTT, Maluku dan dari pulau Papua. Menurutnya, hal ini juga bertujuan untuk memperkenalkan keadaan alam di daerah Garut yang indah pada mereka.

“Kami berharap dengan diadakannya kegiatan Mukhoyam ini dapat membentuk karakter santri dan dapat menambah keilmuan dan keimanan mereka (santri-red) sehingga bisa mengamalkan didalam kehidupan sehari-hari ini sesuai dengan moto gerakan kepanduan Syubbanul Yaum, yaitu Ilmu, Iman dan Amal,” pungkasnya.

Sementara itu, ketua Pembina Gerakan Kepanduan Syubbanul Yaum, Ustadz Arif menerangkan, peserta yang mengikuti kegiatan Mukhoyam di Wanagiri kali ini adalah dari tingkat Tsanawiyah.

“Yang mengikuti Mukhoyam sebanyak 450 santri sudah termasuk didalamnya petugas kesehatan, kalau di kami istilahnya BSM (Bulan Sabit Merah) sebanyak 15 santri dan untuk pembinanya sebanyak 15 pembina,” singkatnya. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker