web stats
Pendidikan

SDN Surabaya 2 Kecamatan Limbangan Kekurangan Ruang Belajar

Selain Minim Ruang Kelas, Bangunan yang Ada di SDN 2 Surabaya Memprihatinkan

RAKSAGARUTNEWS.COM – LIMBANGAN

Untuk mewujudkan kualitas pendidikan yang lebih baik dan maju, tentunya perlu ditopang dengan fasilitas belajar yang nyaman dan memadai. Hal tersebut kini menjadi impian besar bagi sebanyak 260 orang peserta didik SDN 2 Surabaya, Desa Surabaya, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut.

Semangat belajar mengajar yang tinggi di sekolah tersebut, tidak didukung sarana belajar yang memadai. Ketersediaan sebanyak enam ruang kelas belum memadai untuk menampung sebanyak delapan Rombel.

Selain itu, kondisi bangunan tempat para murid belajar, sudah sangat memprihatinkan. Beberapa ruang belajar tampak sudah tidak memiliki flapon atap akibat bangunan sudah terlalu tua.

Hal ini membuat Kepala Sekolah, Waryat Hidayat, S.Pd, harus memutar strategi demi menjamin KBM tetap berjalan lancar.

SDN Surabaya 2 Kecamatan Limbangan Kekurangan Ruang Belajar
Kondisi Bangunan SDN 2 Surabaya Kecamatan Limbangan, Garut

Salah satu yang dilakukannya, yakni menyatukan beberapa kelas dalam 1 ruang belajar. Namun yang masih menjadi kekhawatiran pihak sekolah adalah keselamatan bagi para murid karena kondisi bangunan terancam ambruk. Selain tidak lagi ada atap flapon, beberapa bagianya tampak rusak dan bocor.

“Kondisi sekolah kami yang seperti ini, jelas membuat KBM menjadi kurang nyaman. Tapi InsyaAlloh tidak menyurutkan semangat para guru dan murid dalam aktivitas belajar. Hanya saja ancaman keselamatan para murid yang buat kita was was. Selain itu kita cukup khawatir jika musim penghujan tiba,” ungkap Kepala Sekolah saat wawancara, Rabu, (26/9/2019).

Sekolah yang memiliki empat orang guru PNS serta enam orang tenaga sukwan itu, hingga saat ini belum mendapat bantuan rehab ataupun RKB dari pemerintah. Minimnya prasarana sudah berlangsung sejak lama. Bahkan di sekolah ini tidak memiliki fasilitas toilet karena sudah lama rusak. Sebagai solusi, sejumlah murid terpaksa menumpang ke rumah warga terdekat.

SDN Surabaya 2 Kecamatan Limbangan Kekurangan Ruang Belajar
Kondisi Bangunan SDN 2 Surabaya Kecamatan Limbangan, Garut

Waryat berharap agar minimnya sarana penunjang belajar disekolahnya, mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Hal ini menurutnya guna memberikan rasa nyaman saat KBM berjalan. Ia pun punya harapan besar untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran.

“Saya tentunya ingin lebih baik dan maju. Berharap sekali dapat menerapkan strategi pembelajaran yang lebih, seperti sekolah lain yang sudah memperkenalkan komputer. Mudah mudahan segera terwujud suasana belajar aman ditempat yang nyaman. Ini perlu, agar kualitas pendidikan semakin meningkat, ” tandasnya. **Lintar**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker