web stats
Sosial, Seni dan Budaya

Acara Sarasehan FKS Karya Tani Maranti Cibiuk Kidul

Forum Keserasian Sosial Karya Tani Maranti Cibiuk Kidul Gelar Sarasehan dan Pengobatan Gratis

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Keserasian sosial adalah tata kehidupan yang dilandasi semangat saling menghargai, saling menghormati antar warga dan antar komunitas masyarakat lokal. Keserasian Sosial merupakan proses hubungan sosial yang bersifat mutualisme dan berkelanjutan yang dilakukan antara warga setempat untuk mewujudkan kehidupan berdampingan secara damai, adil, selaras, harmonis dan seimbang. Hal ini disampaikan ketua Forum Keserasian Sosial Karya Tani Maranti Cibiuk Kidul, Encep Taopik SH.I, MH pada awak media pada acara sarasehan dan bakti sosial berupa pengobatan gratis di Sekretariat FKS Karya Maranti Jalan Cibiuk, Kampung Peudeuy, Desa Cibiuk Kidul, Cibiuk, Garut, Kamis (31/10/2019).

Menurutnya, bahwa keserasian sosial berlandaskan pada hubungan mutualisme yang saling menerima dan memberi serta berinteraksi secara rutin dan terus menerus dan hidup berdampingan secara rukun tanpa adanya konflik dengan meletakan nilai saling menghargai dan saling menghormati sebagai landasan pijakan dalam menerapkan kehidupaan hidup bermasyarakat.

“Keseimbangan, keselarasan dan keharmonisan artinya bahwa kegiatan keserasian sosial dilakukan untuk mewujudkan sebuah kehidupan bersama yang selaras, seimbang dan harmonis sehingga terwujud masyarakat tanpa konflik, dengan cara pupuk kebersamaan dan sifat gotong royong di masyarakat, sebab itu akan menekan konflik sosial,” ucapnya.

Lanjut dia, Kegiatan keserasian sosial didasarkan pada non diskriminasi, tidak berpasangka dan menghindarkan diri untuk memberikan labeling kepada kelompok lain, setiap pihak yang terlibat memiliki kedudukan yang sama pada setiap proses.

“Setiap kegiatan yang ada di lingkungan, seperti bakti sosial dan pembangunan SAB(sarana Air Bersih) dan pembangunan saluran irigasi. Didalam pengerjaannya selalu kita kedepankan kebersamaan dan gotong royong,” ujarnya.

Acara Sarasehan FKS Karya Tani Maranti Cibiuk Kidul
Warga Sedang Memeriksakan Kesehatan pada Acara Pengobatan Gratis FKS Karya Tani Mandiri Desa Cibiuk Kidul

Dalam kegiatan yang dihadiri juga oleh Dinsos Provinsi Jabar dan Dinsos Kabupaten tersebut, Sekmat Cibiuk, Hj. Tin Lantunan memberi apresiasi pada FKS Karya Tani Maranti yang begitu peduli pada Keserasian Sosial di Cibiuk Kidul.

Disampaikan Sekmat, sifat kebersamaan dan gotong royong secara perlahan mulai luntur di lingkungan masyarakat, jangankan di daerah perkotaan di daerah pedesaanpun sudah mulai hilang sifat gotong royong, tapi kata dia, dengan adanya Forum Keserasian Sosial KaryaTani Maranti sifat kebersamaan dan gotong royong mulai tumbuh kembali di Cibiuk Kidul.

Tin berharap hal yang dilakukan FKS KaryaTani Maranti terus berlanjut dan dapat menjadi uswah bagi yang lain.

Sementara itu juga masyarakat merasa senang dengan hadirnya FKS di Desa Cibiuk Kidul, karena dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Peran serta Forum Keserasian Sosial di tengah-tengah masyarakat sangat terasa sekali dirasakan oleh kami, karena peran sertanya begitu bermanfaat bagi kami semua, seperti sekarang ini ada kegiatan pengobatan gratis,” kata Enung (52) warga RT 02/02 Pesantren Tengah, Cibiuk Kidul.

Bukan itu saja yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dalam hal lainpun terasa, oleh karena itu dia berharap, FKS terus berjalan dengan serta merta dibarengi bentuk kegiatan-kegiatan sosial yang bermanfaat bagi semua terutama bagi masyarakat. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker