web stats
Aneka Peristiwa

BPBN DPW 2 Garut Berkomitmen Jaga Kelestarian Hutan

BPBN Ajak Masyarakat Karaha Talagabodas untuk Mengembalikan Fungsi Hutan

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Hutan adalah salah satu ekosistem yang sangat penting bagi bumi ini. Hutan berfungsi sebagai tempat resapan air, hutan merupakan daerah penahan dan area resapan air yang efektif, banyaknya akar yang berfungsi menahan tanah, mengoptimalkan fungsi hutan sebagai area penahan dan resapan air tersebut.

Untuk mengembalikan fungsi hutan sesuai fungsinya BPBN (Barisan Patriot Bela Negara) Kabupaten Garut mengadakan kunjungan langsung ke willyah Karaha Talagabodas sekaligus silaturahmi dengan Resort Perhutani Wanaraja dan para tokoh masyarakat yang ada di wilayah Karaha, Sabtu (5/10/2019).

Ketua BPBN DPW 2 Garut, Apen Supriyadi mengatakan, kunjungan tersebut bukan sekedar bersilaturahmi saja tapi juga membangun jalinan sinergitas dengan mereka untuk bersama-sama menjaga alam. Menurutnya menjaga kelestarian alam/hutan bukan saja tugas Perhutani tapi merupakan tugas kita semua termasuk BPBN untuk melaksanakan pengawasan dan pengendalian.

“Kalau kita perhatikan hutan yang ada diwilayah Garut khususnya di wilayah Resort Wanaraja sekarang secara perlahan mulai beralih fungsi menjadi lahan pertaniaan atau yang lainnya hanya untuk kepentingan pribadi,” ungkap Apen didampingi Wakil Ketua, Eko dan Sekretaris BPBN, Dede

Apen menilai itu dikarenakan sebagian orang tidak tahu akan manfaat hutan, banyak yang beranggapan bahwa itu merupakan tanggung jawab Perhutani, padahal itu tanggung jawab kita semua untuk mengadakan pengawasan dan pengendalian supaya hutan tetap lestari.

Apen menjelaskan bahwa hutan banyak sekali manfaatnya bagi kelangsungan hidup, bukan saja untuk masyarakat sekitarnya tapi untuk khalayak banyak.

BPBN DPW 2 Garut Berkomitmen Jaga Kelestarian Hutan

“Kalau kita sayang sama diri kita, maka jagalah alam /hutan, marilah kita sama-sama mengembalikan hutan sesuai dengan fungsinya,” terangya.

Sementara itu tokoh masyarakat yang ada di wilayah Karaha Talaga Bodas Resort Wanaraja, Aa Tatang dari desa Sukamenak dan Osin dari Sukahurip merespon baik ajakan BPBN untuk mengembalikan hutan sesuai dengan fungsinya.

“Setelah mendengarkan penjelasan akan fungsi hutan dari BPBN, kami baru paham akan manfaat hutan bagi kita semua, Insya Alloh akan kami sampaikan pada masyarakat mengenai hal ini,” ucap Aa Tatang dan Osin.

Apa yang dilakukan BPBN Garut mendapat apresiasi dari pihak Perhutani dalam hal ini disampaikan Entis Sutisna Mantri Resort Wanaraja, bahwa pihaknya merasa senang ada yang peduli akan kelestarian alam/hutan. Menurutnya itu sangat bagus sekali karena itu ajakan pada semua termasuk masyarakat untuk melestarikan hutan Hutan.

“Alhamdulillah kami merasa ada rekan untuk sama-sama menjaga kelestarian ekosistem hutan, ini tentu meringankan tugas kami, kami ucapkan terima kasih pada BPBN yang telah begitu peduli akan kelestarian hutan semoga hal ini bisa diikuti oleh ormas lainnya,” tandasnya.**Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker