web stats
Raksa Desa

Calon Kades se-Kecamatan Banyuresmi Deklarasi Pilkades Damai

17 Calon Kepala Desa di Kecamatan Banyuresmi Deklarasi Damai Pilkades

RAKSAGARUTNEWS.COM – BANYURESMI

Sebanyak 17 calon kepala desa dari empat desa di Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut mendeklarasikan kampanye damai jelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) gelombang III di Aula Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, Rabu (23/10/2019).

Tak hanya dihadiri para cakades, para Ketua Panitia Pilkades, Penjabat Kepala Desa, serta Ketua BPD dari keempat desa yang menyelenggarakan pemilihan hadir memenuhi undangan untuk menyaksikan deklarasi damai para Calon Kepala Desa. Untuk diketahui, empat desa di Kecamatan Banyuresmi yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa pada gelombang III itu yakni, Desa Sukasenang, Pamekarsari, Sukalaksana serta Desa Karyasari.

Pada kesempatan itu, para calon kepala desa melaksanakan penandatanganan pakta integritas pada pelaksanaan pilkades serentak 5 November 2019 dengan disaksikan unsur forkopimcam Banyuresmi.

Pada deklarasi kampanye damai itu terungkap, puluhan calon kepala desa menyatakan siap mengikuti seluruh tahapan Pilkades dengan mengedepankan etika politik yang bersih, toleran serta menjaga nilai-nilai demokrasi.

Mereka berikrar tidak akan melakukan tindak pelanggaran pilkades yaitu politik uang, penggunaan fasilitas desa, penyalahgunaan jabatan dan kewenangan serta pelanggaran lainnya yang menciderai kualitas pemilihan kepala desa.

Selain itu, secara tegas mereka menyatakan siap menang dan kalah serta akan menjaga dan mewujudkan kondisi wilayah yang kondusif baik sebelum, saat maupun sesudah Pemilihan Kepala Desa dan tidak akan menuntut apapun serta menerima hasil secara arif dan bijaksana.

Calon Kades se-Kecamatan Banyuresmi Deklarasi Pilkades Damai
Sesi Foto Bersama Usai Penandatanganan Ikrar Deklarasi Damai Pilkades di Kecamatan Banyuresmi

Saat dimintai keterangan perihal penyelenggaraan kegiatan deklarasi damai itu, Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Pamekarsari, Azis Lesmana, S.Pd mengungkapkan, kegiatan deklarasi damai itu diprakarsai oleh forkopimcam Banyuresmi.

Secara khusus, untuk Pilkades di Desa Pamekarsari, lebih lanjut Azis menerangkan, cakades yang akan bertarung di desanya pada 5 November 2019 mendatang berjumlah 2 orang.

“Ada dua calon di desa kami, yang satu incumbent atau petahana yaitu Drs. Amat Suryadi, lalu yang kedua Iman Sulaeman,” ujar Azis.

Ia berharap dengan diselenggarakannya deklarasi itu, proses demokrasi Pemilihan Kepala Desa di Desa Pamekarsari khususnya dan pada umumnya di Kecamatan Banyuresmi dapat berlangsung jujur dan adil serta sukses tanpa ekses.

“Kegiatan deklarasi damai ini menurut hemat saya sangat penting sekali untuk diselenggarakan, ini bertujuan agar setiap calon memiliki komitmen menyukseskan pemilihan dan menerima hasil apapun dengan berlapang dada,” tutupnya.

Kegiatan deklarasi diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama pada sebuah baligo besar yang diikuti seluruh calon kades, Camat, Kapolsek dan Danramil Banyuresmi. **DD**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker