web stats
Kesehatan

Resmikan Klinik Jiwa, Wabup Targetkan Tekan Kasus Pasung

Klinik Khusus Penderita Gangguan Jiwa Resmi Hadir di Garut

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, Selasa (22/10/2019), secara resmi membuka tempat pelayanan khusus bagi pasien penderita gangguan jiwa di Kabupaten Garut. Ruang khusus yang diberi nama “Klinik Atma” tersebut berlokasi di sebrang balai Desa Cimurah, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut.

Penamaan klinik itupun dibuat langsung oleh Wabup di tengah acara peresmian. Dipilihnya kata “Atma”, menurutnya guna menjaga ruang privasi pasien agar tidak merasa malu atau sungkan untuk datang berobat.

Seiring waktu, menurut Helmi, jumlah penduduk yang mengalami stres karena berbagai tekanan kehidupan, angkanya cukup tinggi. Maka sebagai solusi, lanjutnya, Pemda Garut secara bertahap membangun klinik jiwa agar sejumlah pasien terdiagnosa Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Garut mendapat penanganan secara cepat dan efektif.

“Target pemerintah taun 2019 adalah berhentinya kasus pasung kepada ODGJ oleh pihak keluarga. Dengan hadirnya klinik atma ini, diharap pasien ODGJ bisa sesegera mungkin dibawa dan ditangani disini,” ujar Wabup usai peresmian.

Resmikan Klinik Jiwa, Wabup Targetkan Tekan Kasus Pasung
Wakil Bupati Garut Secara Resmi Membuka Klinik Jiwa di Kecamatan Karangpawitan

Program pembangunan klinik jiwa ini dikatakanya, merupakan kelanjutan dari poli jiwa yang sudah tersedia di puskesmas. Awal tahun 2014, terangnya, hanya baru tersedia dua layanan poli jiwa tingkat Puskesmas, yakni di Puskesmas Cibatu dan Kersamanah. Baru pada tahun 2015, pemda memerintahkan kepada seluruh puskesmas agar membuka poli jiwa.

“Jadi semua ini sudah tersosialisasi melalui puskesmas-puskesmas agar kalau nanti ada yang datang segera tertangani atau memperoleh rujukan ke sini,” tambahnya.

Sebagai wujud keseriusan Pemerintah Daerah Kabupaten Garut dalam upaya penanganan ODGJ ini, telah dijalin wujud kemitraan dengan pihak manajemen Rumah Sakit Dr. Marzuki Bogor. Usai peresmian, sejumlah pasien yang hadir dan datang untuk mendapatkan pelayanan, langsung ditangani oleh jajaran tenaga medis dari RSUD Dr Slamet dan RS Marzuki. Acara itupun dihadiri sejumlah petinggi tingkat kecamatan dan kalangan tokoh masyarakat yang datang sebagai tamu undangan. **Lintar**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker