web stats
Rubrik Khusus

UPT PUPR Bersihkan Aliran Sungai di Kawasan Garut Kota

Antisipasi Musim Penghujan Tiba, UPT PUPR Garut Kota Lakukan Pembersihan Sungai dari Sampah

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT KOTA

Guna mengantisipasi datangnya musim penghujan, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Garut melalui UPT (Unit Pelaksana Teknis) Garut Kota melakukan program pembersihan aliran sungai dari sampah dan pengerukan lumpur yang ada di wilayah kerjanya. Seperti halnya, Selasa (21/10/2019) pihak UPT PUPR Garut Kota mengadakan pembersihan sampah dan pengerukan lumpur di aliran sungai dekat kantor kecamatan tepatnya di Jalan Bank, Kelurahan Pakuwon.

Kepala UPT PUPR Garut Kota, Undang Hermawan, ST, M.Si mengatakan pada Raksa Garut News bahwa kegiatan itu merupakan program PUPR dan sebagai tindakan preventif dalam menghadapi musim penghujan. Menurutnya, untuk pembersihan sampah dan pengerukan lumpur di sungai tersebut di kerjakan secara manual, pasalnya tutur Undang, sungai yang dibersihkan kecil, sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan alat berat.

“Untuk pengerukan dan pembersihan sampah di sungai ini, kami menurunkan 10 orang pekerja,” katanya.

UPT PUPR Bersihkan Aliran Sungai di Kawasan Garut Kota
Kepala UPT PUPR Garut Kota, Undang Hermawan, ST, M.Si

Pembersihan sampah dan pengerukan lumpur di aliran sungai, menurutnya akan terus berlanjut, tidak sebatas sungai yang ada di kelurahan Pakuwon saja, namun juga sungai yang ada di kelurahan lainpun yang berada di wilayah kerja UPT PUPR Garut Kota akan dibersihkan.

“Pembersihan sampah dan pengerukan lumpur di sungai selanjutnya di kelurahan Ciwalen yaitu di aliran sungai Ciwalen,” terangnya.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga sungai, hindari buang sampah ke sungai, biasakan buang sampah pada tempatnya.

“Menumpuknya sampah di aliran sungai ketika musim kemarau akan menimbulkan bau yang menyengat yang diakibatkan pembusukan sampah, dan tumpukan sampah ketika musim penghujan datang akan mengakibat terjadinya banjir karena aliran sungai tersumbat,” pungkasnya. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker