web stats
Aneka Peristiwa

BPBN DPW 2 Garut Berkomitmen Kembalikan Fungsi Hutan

Lakukan Koordinasi dengan KRPH, Bukti Keseriusan BPBN untuk Mengembalikan Hutan Sesuai dengan Fungsinya

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

UUntuk mengembalikan hutan sesuai dengan fungsi sebagai paru-paru dunia dan sebagai penyerap air, BPBN (Barisan Patriot Bela Negara) DPW 2 Kabupaten Garut mengadakan kunjungan ke Karaha Gunung Talagabodas wilayah Perhutani Resort Wanaraja, Minggu (24/11/2019).

Ketua BPBN DPW 2 Garut, Apen Supriady mengatakan, kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan pertama pada Oktober lalu, dimana pada pertemuan pertama BPBN DPW 2 bersilaturahmi dengan Perhutani Resort Wanaraja dan tokoh masyarakat setempat, pada kesempatan itu, pihaknya membicarakan rencana BPBN untuk mengembalikan hutan Karaha gunung Talagabodas sesuai dengan fungsinya.

“Kunjungan ini yang kedua ke Karaha Gunung Talagabodas resort perhutani Wanaraja sebagai bentuk keseriusan BPBN peduli terhadap alam di kabupaten Garut, yang mana ini merupakan bagian dari program kami (BPBN-red),”ucapnya. Yang mana sekarang kami fokuskan dulu di hutan Karaha Talagabodas wilayah resort Wanaraja, setelah ini selesai baru kami adakan kunjungan lagi ke wilayah resort perhutani lainnya,” imbuhnya.

Menurut Apen, langkah awal tentu pembenihan dulu, adapun rencana jenis pohon yang akan dibenihkan yaitu jenis pohon nangka, alpukat dan kopi.

“Kenapa jenis pohon tersebut, karena daya serap airnya bagus juga bernilai ekonomis buat masyarakat disekitar hutan tersebut,” katanya.

Lebih jauh Apen menjelaskan, setelah benih itu siap untuk ditanam, maka akan disebar di wilayah hutan Karaha Talagabodas terutama yang gundul. Pihaknya juga merencanakan akan membuat hutan wisata di daerah tersebut.

Sementara itu Entis Sutisna, Kepala Resort Pemangku Hutan (KRPH) Wanaraja yang meliputi 4 kecamatan yaitu Kecamatan Wanaraja, Pangatikan, Sucinaraja dan Kecamatan Karangtengah dengan RPH luas wilayah 2.000 ha mengapresiasi rencana BPBN untuk mengembalikan hutan Karaha Talagabodas sesuai dengan fungsinya.

“Perhutani sangat membutuhkan sekali orang yang peduli akan kelestarian dan kelangsungan ekosistem hutan, apalagi personil perhutani sedikit tapi Alhamdulillah BPBN begitu peduli akan hal itu, semoga rencana BPBN untuk menghijaukan kembali hutan yang ada di wilayah kami khususnya bisa terlaksana dalam waktu dekat ini,” tuturnya. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker