web stats
Agama

KH. Husen Zaenal Muttaqien, LC Isi Materi Pengajian Mingguan PPI Bentar

KH. Husen Zaenal Muttaqien, LC : Menuntut Ilmu Agama, Kewajiban yang Melekat atas Setiap Diri Kita

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

”Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim”. (HR. Ibnu Majah. Dinilai shahih oleh Syaikh Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Ibnu Majah no. 224).

Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan, pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat dan motivasi untuk menuntut ilmu agama.

“Ilmu agama seakan menjadi suatu hal yang remeh dan terpinggirkan bagi mayoritas kaum muslimin,” kata KH. Husen Zaenal Muttaqien, LC pada Raksa Garut News setelah memberi materi pengajian mingguan setiap malam rabu di Pesantren Persis Bentar 19 Garut, Rabu (27/11/2019).

Dia mengatakan, berbeda halnya dengan semangat untuk mencari ilmu dunia. Seseorang bisa jadi mengorbankan apa saja untuk meraihnya. Kita begitu bersabar menempuh pendidikan mulai dari awal di sekolah dasar hingga puncaknya di perguruan tinggi demi mencari pekerjaan dan penghidupan yang layak.

“Mayoritas umur, waktu dan harta kita, dihabiskan untuk menuntut ilmu dunia di bangku sekolah. Lalu, bagaimana dengan ilmu agama? Terlintas dalam benak kita untuk serius mempelajarinya pun mungkin tidak, apalagi sampai mengorbankan waktu, harta dan tenaga untuk meraihnya,” ujarnya.

KH. Husen menegaskan bahwa menuntut ilmu agama adalah kewajiban yang melekat atas setiap diri kita, apa pun latar belakang profesi dan pekerjaan kita.

“Sebagian di antara kita mungkin menganggap bahwa hukum menuntut ilmu agama sekedar sunnah saja, yang diberi pahala bagi yang melakukannya dan tidak berdosa bagi siapa saja yang meninggalkannya. Padahal, terdapat beberapa kondisi di mana hukum menuntut ilmu agama adalah wajib atas setiap muslim (fardhu ‘ain) sehingga berdosalah setiap orang yang meninggalkannya,” tandasnya.

Sementara itu H. Uban pimpinan Pesantren Persatuan Islam 19 Bentar menyampaikan, dengan adanya pengajian rutin mingguan tersebut, dirinya merasa bersyukur sekali. Karena menurutnya, sangat besar sekali manfaatnya baik buat pesantren karena para santrinya mendapat ilmu maupun bagi orangtua dan masyarakat. Menurutnya selain mendapat ilmu juga dapat bersilaturahmi dan memakmurkan pesantren.

“Alhamdulillah yang mengikuti pengajian ini banyak sekali, kurang lebih 200 orang yaitu para Ustadz, santri dan orangtua santri serta masyarakat dari seluruh pelosok Garut dengan dari berbagai profesi, bahkan peserta pengajian ada yang jauh dari Dago Bandung,” katanya.

H. Uban Subandi berharap pengajian rutin mingguan tersebut terus berlanjut jangan sampai terhenti karena sangat besar sekali manfaatnya bagi semua.

Adapun pengajian rutin mingguan oleh KH. Husen Zaenal Muttaqien, LC di PPI 19 Bentar setiap malam kamis ba’da magrib yaitu berupa kajian kitab Mauidhotul mu’minin dan asmau’l khusna. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker