web stats
Raksa Desa

Pemberdayaan Brilian Pjs Kades Sukaluyu Disambut Kades Terpilih

Tiga Program Pjs Kades Sukaluyu Seiring 8 Program Prioritas Kades Terpilih

RAKSAGARUTNEWS.COM – SUKAWENING

Memang luar biasa. Kendatipun Penjabat Sementara (Pjs) Desa Sukaluyu, Yudi, S.Sos.,M.Si hanya menunaikan tugas dan kewajibannya selama 74 hari kerja,  terhitung dari Serah Terima Jabatan (Sertijab) pada Rabu, 21 Agustus 2019 di aula Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut hingga rencana pelantikan Kades Sukaluyu terpilih Senin(02/12/2019). Ternyata, biarpun hanya sekejap melaksanakan tugas sebagai Pjs Kades, namun gagasan pemberdayannya untuk kegiatan pembangunan masyarakat Desa Sukaluyu, begitu brilian, sehingga Kades Sukaluyu terpilih, Asep Kurniawan, S.H.I begitu antusias menyambutnya.

Mengenai pemberdayaan, Yudi mengatakan, pemberdayaan itu  harus dilihat dari potensi masing-masing desa. Yang mana potensi lokal itu ada dua macam, yakni Potensi Sumber Daya Manusia (SDM) lokal dan Potensi Sumber Daya Alam (SDA) lokal. Kemudian potensi lokal  sumber daya alam itu, apabila kita gali untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya, tentunya harus disesuaikan dengan ketersediaannya sumber daya manusia.

Di samping hal tersebut, lanjut Yudi, pemberdayaan itu  harus bersinergi dengan program-program kebijakan dari pemerintah, baik program pemerintah daerah kabupaten, provinsi maupun pusat. Jadi program pemberdayaan masyarakat itu harus ada keselarasan.

Pemberdayaan Brilian Pjs Kades Sukaluyu Disambut Kades Terpilih
Yudi, S.Sos, M.Si, Pjs Kades Sukaluyu Kecamatan Sukawening

“Oleh karena itu, sejak masuk memangku jabatan sebagai Kasi PMD, saya sering mengadakan rafat koordinasi dengan para Sekdes, Kaur Perencanaan, dan kepala desa, dengan tujuannya untuk membuka wawasan, dan menaburkan pola pikir agar pemberdayaannya diselaraskan dengan potensi yang ada,” ujar Yudi.

Dikatakannya, salahsatu contohnya di Kabupaten Garut ada 6 kecamatan yang menjadi kawasan Minapolitan, diantaranya Kecamatan Sukawening. Berarti potensi daerah Kecamatan Sukawening di bidang pertanian dan perikanan memiliki potensi yang sangat besar.

Selain itu, imbuhnya, adalah potensi wisata. Pengembangan wisatapun bisa digali. Misalnya di Desa Mekarluyu adanya Cibeet, di Desa Sukasono ada wacana Kampung Aren Desa Sukasono, serta Wisata Cipanas. Dan pada saat ini di Desa Sukaluyu pada tahun 2020 akan dikembangkan Wisata Religi Edukasi Hortikultura Cibatu Agung.

Begitupun, lanjutnya, dalam rangka memberikan arahan-arahan untuk menggali segala potensi lokal yang ada supaya tercapai, semua mengarah kepada pemberdayaan masyarakat. Hal itu agar masyarakat berdaya dari sisi  keterampilannya, dan berdaya dari sisi  daya beli ekonominya. Intinya bagaimana supaya masyarakat itu benar-benar berdaya.

Yudi menyampaikan, semenjak bertugas pada tahun 2017 di Kecamatan Sukawening memangku jabatan baru sebagai Kasi Pemberdayaan. Hal itu menjadi tantangan, dan hal baru. Maka waktu itu langsung berinisiatif menggali potensi SDA dan SDM di setiap desa yang ada di wilayah Kecamatan Sukawening. Ternyata apabila dipadukan benar-benar sangat memumpuni. Potensi lokal yang ada di-sebelas desa yang ada di wilayah Kecamatan Sukawening, jelas sekali, begitu sangat terlihat.

Misalnya, Kata Yudi,  SDM bidang IT, olahraga, pendidikan, serta agama, semuanya ada di wilayah Kecamatan Sukawening. Realita itu telah direkrut dan diberdayakannya untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia maupun sumber daya alam. Sebagai contohnya ada SDM dibidang IT. SDM tersebut kita libatkan di Desa Sukaluyu untuk menopang Program Desa Sukaluyu Digital.

Cuma sayang, ujarnya, belum seluruh desa yang ada di wilayah Kecamatan Sukawening mencanangkan Program Digitalisasi. Saat ini baru 3 desa yang telah memprogramkan Desa Digitalisasi, diantaranya Desa Pasangrahan, Maripari, dan Mekarwangi.

Insya Allah, ucapnya, pada tahun 2020,  telah dipersiapkan Program Desa Digital di Desa Sukaluyu, dan desa yang lainnya dengan SDM-nya memanfaatkan potensi lokal .

Di samping hal itu, ujarnya,  selain mengenai pemberdayaan sumber daya alam, sering didiskusikan via forum diskusi di Kecamatan Sukawening, juga forum mendiskusikan berbagai leading sektor. Seperti apa, program-program yang akan dilaksanakan, baik oleh koordinator kecamatan, maupun UPTD-UPTD di lingkup Kecamatan Sukawening, dan program yang akan dilaksanakan oleh masing-masing desa, supaya nampak hasil dari sinergitas program.

Maka dari itu, kata Yudi, demi tercapainya pemberdayaan masyarakat di seluruh desa yang ada di kecamatan Sukawening, etos kerja dan keterampilan individunya harus ditingkatkan. Hal itu tiadalain untuk memudahkan pencapaian program, atau rencana kegiatan.

“Saya berharap bisa tercapai dengan kurun waktu yang tidak terlalu lama. Seperti halnya  di Desa Sukaluyu. Mudah-mudahan saja, ucapnya, dengan 3 program besarnya, yakni Program Desa Digital, Sukaluyu Baranang, dan Wisata Religi Edukasi Hortikultura Cibatu Agung, pada tahun 2020 bisa direalisasikan sesuai dengan harapan semua pihak,” kata Yudi.

Alhamdulillah, ucap Yudi, secara prinsip semua pihak telah menyetujuinya. Tinggal diselaraskan dengan visi, misi dan program kerja Kepala Desa Sukaluyu terpilih. “Mudah-mudahan saja ke-3 program tersebut seiring, atau selaras,” ungkapnya.

Pemberdayaan Brilian Pjs Kades Sukaluyu Disambut Kades Terpilih
Asep Kurniawan, S.H.I Kades Sukaluyu terpilih

Menanggapi 3 program besar yang disampaikan oleh Pjs Kades Sukaluyu, Yudi, S.Sos.,M.Si, yakni  Program Desa Digital, Sukaluyu Baranang, dan Wisata Religi Edukasi Hortikultura Cibatu Agung,  Kades Sukaluyu terpilih, Asep Kurniawan, S.H.I mengatakan, ke-3 program yang disampaikan oleh Pjs Kades Sukaluyu, apabila kita perhatikan, dan kita kaitkan dengan 8 Program Prioritas mewujudkan Desa Sukaluyu yang religius, Aman, Harmonis, Maju, Asri dan Transparan, sewaktu masa kompanye yang telah ditawarkan kepada masyarakat Desa Sukaluyu, ada yang seiring dengan ke-8 program yang telah kami susun.

Menurutnya, Program Desa Digital, seiring dengan 8 Program Prioritas yang ditawarkannya semasa kompanye kepada masyarakat Desa Sukaluyu, yakni Program Prioritas Nomor  8, mengenai Program Prioritas Layanan, diantaranya Program Website Desa, dan Layanan internet Gratis.

“Bahkan dengan adanya Program Desa Digital, kedepannya saya menginginkan, bahwa setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Desa Sukaluyu, dari tahapan rencana kerja, kegiatan pelaksanaannya desa,  hingga hasil kegiatan tersebut,  setiap warga Desa Sukaluyu mengetahuinya,” ujar Asep, Senin kemarin (25/11/2019) sewaktu ditemui di rumah kediamannya di Kampung Tagog, RT. 03, RW. 01.

Dikatakannya, mengenai Program Sukaluyu Baranang. Program tersebut merupakan salahsatu tujuan yang diprogramkannya. Soalnya di wilayah Desa Sukaluyu, terutama di jalan lingkungan, serta jalan desa yang masih gelap perlu diberi penerangan. Realita itu relevansinya sejalan dengan Program Prioritas dalam rangka mewujudkan Desa Sukaluyu yang aman dan asri.

“Mudah-mudahan saja kedepannya Program Sukaluyu Baranang tersebut, bisa bersinergi dengan masyarakat Sukaluyu dalam rangka memberikan penerangan untuk jalan lingkungan, gang, dan jalan desa yang tidak ter-cover oleh anggaran dari pemerintah yang dikucurkan melalui desa,” kata Asep.

Sedangkan terkait dengan Program Wisata Religi Edukasi Hortikultura Cibatu Agung, Asep mengatakan, apabila program tersebut potensinya bagus, hal itu perlu juga dikembangkan. Pasalnya dari ke-8 Program Prioritas yang ditawarkannya semasa kompanye kepada masyarakat Desa Sukaluyu, jelas sekali tertera pada program prioritas nomor 3, yakni mengenai  Program Prioritas Lingkungan, antaralain Penataan Lingkungan yang mempunyai daya tarik wisata.

Terkait dengan adanya  3 program besar yang diprakarsai oleh Pjs Kades Desa Sukaluyu,  apalagi  secara prinsip telah diakui dan didukung oleh semua pihak. Menurut Asep,  ke-3 program yang digagas oleh Pjs Kades Desa Sukaluyu benar-benar program inovatif yang perlu ditumbuh kembangkan.

“Malah saya selaku anak muda perlu banyak berguru kepada Pak Yudi. Apalagi beliau sebagai Kasi PMD di Kecamatan Sukawening. Sehingga ia lebih mengetahui, pemberdayaan apa saja yang bisa  dikembangkan di Desa Sukaluyu. Soalnya, meskipun hanya sebentar menjabat sebagai Pjs Kades, namun ia sangat luar biasa dalam hal penggalian potensinya untuk pemberdayaan masyarakat Desa Sukaluyu. Oleh karena itu, perlu diapresiasi oleh segenap warga Sukaluyu. “Terutama oleh saya,  sebagai apresiasinya, tiada lain kedepannya harus bisa melaksanakan program-program pemberdayaannya,” papar Asep.

“Untuk itu, saya mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pjs Kades Desa Sukaluyu, atas dedikasi dan loyalitasnya, serta atas kedekatannya kepada masyarakat, dan  penggalian potensinya yang luar biasa untuk program pemberdayaan bagi warga Sukaluyu,” pungkas Asep. ℗Darma.

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker