web stats
Raksa Desa

Pemdes Haurpanggung Gelar Pelatihan Peran dan Fungsi Linmas

Upaya Tingkatkan Kapasitas Linmas, Pemdes Haurpanggung Gelar Penyuluhan dan Pelatihan

RAKSAGARUTNEWS.COM – TAROGONG KIDUL

Sebagai upaya peningkatan peran serta dan fungsi anggota Linmas, Desa Haurpanggung bekerjasama dengan Koramil dan Polsek Tarogong Kidul menggelar pelatihan dan penyuluhan bertempat di Aula Desa Haurpanggung jalan Haurpanggung Kecàmatan Tarogong Kidul Garut, Kamis (20/11/2019).

Sebanyak 48 anggota Linmas perwakilan dari 21 RW yang ada di Desa Haurpanggung mengikuti pelatihan dan penyuluhan peran dan fungsi Linmas tersebut.

Kegiatan pelatihan dan penyuluhan itu dihadiri Camat Tarogong Kidul, Doni Rukmana serta unsur muspika, dengan narasumber dari Polsek dan Koramil Tarogong.

Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Haurpanggung, Ayi Rosis menyampaikan, Linmas merupakan pertahanan sipil yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, menurutnya diperlukan sekali peningkatan kapasitas dan kemampuan mereka didalam segi pengamanan.

“Makanya untuk mengarah pada peningkatan peran serta dan fungsi linmas kami adakan pelatihan buat mereka,” ucapnya. Kita berpandangan selama ini Linmas fungsinya hanya terbatas sekedar menjaga yang kawinan dan hajatan,” imbuhnya.

Ayi menegaskan, Linmas memiliki fungsi untuk bertugas dalam melaksanakan perlindungan masyarakat, membantu aparat pemerintah dalam pemeliharaan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di desa atau kelurahan.

Pemdes Haurpanggung Gelar Pelatihan Peran dan Fungsi Linmas
Camat Tarogong Kidul (Kanan) Tengah Berbincang dengan Pjs Kepala Desa Haurpanggung

“Harapan kami dengan diadakannya pelatihan ini, mereka jadi lebih memahami peran dan fungsi Linmas,” ungkapnya.

Sementara itu, hal senada disampaikan Camat Tarogong Kidul, Doni Rukmana, ia menuturkan, pelatihan itu sangat penting buat mereka (Linmas-red) karena selain akan menambah wawasan, mereka juga faham akan peran dan fungsi linmas.

“Satlinmas mempunyai fungsi yaitu membantu memelihara dan meningkatkan kondisi serta tata tertib di kalangan masyarakat, membantu masyarakat dalam menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam,” terangnya. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker