web stats
Aneka Peristiwa

SDN 3 Cipareuan Cibiuk Raih Prestasi Tingkat Jawa Barat

Pada Dua Ajang Kejuaraan Tingkat Provinsi, SDN 3 Cipareuan Torehkan Prestasi Gemilang

RAKSAGARUTNEWS.COM – CIBIUK

Pendidikan bagi siswa di sekolah sejatinya tak hanya tercermin dari pemberian ilmu pengetahuan belaka, melainkan sarat juga akan pembinaan yang bersifat non akademik, seperti pengembangan minat dan bakat. Layak menjadi contoh dan motivasi bagi sekolah lain, betapa pembinaan minat dan bakat apik yang dijalankan di SDN 3 Cipareuan Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut menghasilkan segudang prestasi yang diraih para peserta didiknya. Terbukti, pada ajang kejuaraan berbeda yang dilangsungkan medio November 2019 ini, beberapa peserta didiknya berhasil menorehkan prestasi, yaitu pada ajang kejuaraan Pencak silat dan Renang tingkat Provinsi Jawa Barat.

Dalam ajang kejuaraan olahraga pencak silat Pusaka Nagara Open tingkat Pelajar se-Jawa Barat dan Provinsi Banten yang dilangsungkan di Gedung Bela Diri Ciateul, peserta didik SDN 3 Cipareuan berhasil mengoleksi beberapa medali, diantaranya, Emas berhasil diraih Resti Widia Rahayu pada Kategori Tanding Putri Kelas H, medali Perak berhasil disumbangkan Irsan Alfiansayah dan Azufi Pratama Nugraha masing-masing meraih Perak pada Kategori Tanding Putra kelas C dan Agni Wulandari pada Kategori Tanding Putri Kelas E, sedangkan perunggu berhasil diraih pesilat putra SDN 3 Cipareuan, Abdul Rahajir.

Tak hanya sampai disitu, pada Kejuaraan Renang antar Pelajar se-Jawa Barat Piala Bupati Garut 2019, Achmad Zakhwan Elfat menambahkan pembendaharaan medali SDN 3 Cipareuan dengan berhasil menjadi Juara pertama dan berhak membawa pulang medali Emas.

SDN 3 Cipareuan Cibiuk Raih Prestasi Tingkat Jawa Barat
Achmad Zakhwan Elfat Peraih Medali Emas di Ajang Kejuaraan Renang antar Pelajar se-Jawa Barat Piala Bupati Garut 2019

Dapat disimpulkan, raihan medali yang didapat peserta didik SD Negeri 3 Cipareuan adalah 1 emas dari cabang olahraga renang, Pencak Silat masing-masing meraih 1 emas, 3 perak dan 1 perunggu.

Tentunya dengan seabreg prestasi demikian membuat bangga Kepala Sekolah SD Negeri 3 Cipareuan, Sartikah, S.Pd. Ia merasa bangga atas keberhasilan peserta didiknya yang telah berhasil menorehkan prestasi di dua ajang kejuaraan, namun dengan tegas pihaknya menuturkan, prestasi yang berhasil diraih ini merupakan buah dari hasil kerjasama antara pihak sekolah dan orangtua.

“Kami dari pihak sekolah sangat mendukung dan mensupport penuh kepada para peserta didik yang memiliki minat dan bakat untuk diikutkan pada berbagai ajang-ajang kejuaraan, selain dijadikan sebagai sarana uji kemampuan sekaligus sebagai media pembelajaran untuk dapat lebih mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki para peserta didik,” ujar Sartikah.

SDN 3 Cipareuan Cibiuk Raih Prestasi Tingkat Jawa Barat
Peserta Didik Peraih Medali di Dua Ajang Kejuaraan Olahraga

Oleh karena itu, Sartikah menuturkan, pihaknya selalu menjalin komunikasi yang baik dengan para orang tua agar selalu mendukung putra putrinya untuk lebih mengembangkan potensi yang ada, dan salahsatunya adalah dengan mengikutkan dalam berbagai ajang kejuaraan. Dukungan orang tua dinilai sangat penting, menurutnya, keberhasilan tidak dapat diraih jika hanya mengandalkan pihak sekolah saja.

Sartikah menambahkan, keberhasilan ini juga diraih dari hasil kerja keras dengan serentetan latihan-latihan yang terus dilakukan, namun diatur dalam hal waktu pembagian jadwal kegiatan ekstrakulikuler sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar.

Ia berharap, apa yang telah diraih dapat dipertahankan dan semoga kedepannya mampu meraih prestasi-prestasi gemilang lainnya.

Sementara itu Guru Olahraga SDN 3 Cipareuan, Yetty Susilawaty, S.Pd tak bisa menyembunyikan rasa bangganya atas keberhasilan ini, ia merasa bersyukur anak-anak didiknya mampu meraih prestasi terbaik di dua ajang berbeda yaitu di Kejuaraan Renang dan Pencak Silat tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Perasaan bangga, bahagia, terharu bercampur aduk, karena ini merupakan suatu kebanggaan bagi keluarga besar SD Negeri 3 Cipareuan. Dengan diarihnya prestasi yang begitu gemilang di kejuaraan renang dan pencak silat ini, semoga dapat dijadikan sebuah motivasi bagi yang lain untuk berprestasi,” singkatnya. **DFR**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker