web stats
Aneka PeristiwaRaksa Desa

Tanpa Kendala, Pemilihan Kepala Desa Peundeuy Berjalan Sukses

Pilkades Peundeuy Berjalan Lancar, Camat : Siapapun yang Terpilih, Kita Wajib Mendukungnya

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Pelaksanaan Pilkades di Desa Peundeuy, Kecamatan Pendeuy, Kabupaten Garut berjalan sesuai dengan tahapan-tahapan dan peraturan-peraturan yang telah ditentukan, sehingga didalam pelaksanaannya berjalan lancar dan sukses dengan tanpa ekses.

Sekretaris Panitia Pilkades Desa Peundeuy, Muhlis Munawar, SE menerangkan, tingkat partisipasi masyarakat yang datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya terbilang tinggi.

“Masyarakat yang menyalurkan hak pilihnya, bisa dibilang bagus, antara 75-80 persen tapi mungkin saja lebih, soalnya belum kami cross check lagi,” katanya, Selasa (5/11/2019).

Muhlis mengaku, selama perjalanan kepanitiaan pilkades, yang namanya kendala itu pasti ada, terutama dalam hal kurangnya koordinasi ditingkat RT dan RW didalam pelaksanaan penjaringan dan validasi data. Menurut penilaian dia, dikarenakan pengembangan aplikasi data berdasarkan Perbup itu tidak ada ruang untuk melindungi hak pilih sebagai warga negara Indonesia. Maka, ketika berbicara penentuan DPTB (Daftar Pemilih Tambahan) yang telah ditetapkan dan berakhir di DPT, maka itu tidak bisa diganggu gugat untuk dirubah.

“Lain halnya dengan Pilpres dan Pileg, itulah yang menjadi kendala kami untuk menyampaikan secara utuh dan menjelaskan pada masyarakat, karena masyarakat masih berpegang dengan menggunakan KTP saja bisa untuk memilih,” tuturnya.

Tanpa Kendala, Pemilihan Kepala Desa Peundeuy Berjalan Sukses
Camat Peundeuy, Riyana Tasrip, S.Sos Saat Menyaksikan Langsung Pelaksanaan Pilkades Desa Peundeuy

Namun menurut Muhlis, setelah diadakan Rapat Koordinasi dengan beberapa pihak termasuk dengan para calon kades dan tokoh masyarakat, akhirnya masyarakat bisa menerima untuk kembali pada regulasi yang tertuang di dalam perbup.

“Masyarakat yang tidak terdaftar di DPT akhirnya bisa menerima dengan legowo,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Peundeuy, Riyana Tasripin, S.Sos, mengatakan, permasalahan mengenai DPT sudah bisa diselesaikan oleh pihak panitia, sehingga tidak ada permasalahan.

“Alhamdulillah pelaksanaan Pilkades di Kecamatan Peundeuy termasuk di desa Peundeuy, pencoblosan yang dimulai dari jam 7 dan sampai berakhir batas, alhamdulillah berjalan lancar dan sukses dengan tanpa ekses sesuai dengan apa yang diharapkan kita bersama,” katanya.

Camat Peundeuy berharap siapapun yang terpilih dalam pilkades kita wajib mendorong dan mendukungnya.

“Semoga jalinan silaturahmi terus dijalin oleh para calon, dan bagi yang terpilih semoga bisa memajukan desa Peundeuy dalam segala sektor karena desa Peundeuy merupakan barometer bagi desa-desa lain di kecamatan Peundeuy,” pungkasnya.**Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker