web stats
Agama

Definisi Ukhuwah Menurut Ketua MPC PP Garut, H. Delit Suparman

Ketua MPC Pemuda Pancasila Garut, H. Delit Suparman: Ukhuwah Diartikan Sebagai Persaudaraan

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

DDalam dunia sosial, ada hubungan rasa persaudaraan dan kekerabatan yang terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Hal ini telah diatur dalam Islam, yang sering disebut dengan ukhuwah, kata Ketua MPC Pemuda Pancasia Garut, H. Delit Suparman sesaat setelah menghadiri tabligh akbar memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW  yang digelar Baznas dan DKM Masjid Islamic Center Jalan Pramuka, Kelurahan Pakuwon, Garut Kota, Senin (17/12/2019).

Ukhuwah Menurut H. Delit, diartikan sebagai persaudaraan. Dalam lingkungan umat Islam, ukhuwah berkembang menjadi ukhuwah islamiyah, yakni persaudaraan yang berlandaskan persamaaan akidah, berlandaskan kebersamaan dalam agama Islam. Allah SWT., berfirman dalam QS. Al-Hujurat : 10, yang artinya :

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara, sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.”

Dalam Islam ukhuwah terbagi menjadi; ukhuwah islamiyyah, ukhuwah wathaniyyah, ukhuwah fi al-wathaniyyah wa al-nasab, dan ukhuwah insaniyyah.

Ukhuwah islamiyyah seperti yang telah disinggung di atas, ialah ukhuwah yang berlandaskan persamaan agama Islam. Ukhuwah ini tidak tebatas wilayah geografis, kebangsaan maupun batasan keturunan. Siapapun dan dimanapun, ketika seseorang beragama Islam maka ia bersaudara dengan umat islam lainnya.“Orang mukmin terhadap orang mukmin lainnya adalah laksana bangunan. Sebagian menguatkan sebagian yang lain.”ucapnya.

Persaudaraan yang berlandaskan kesamaan wilayah tempat tinggal disebut dengan ukhuwah wathaniyyah, menurutnya, dapat diterjemahkan bahwa Islam mengajarkan persaudaraan yang mencakup kesamaan kebangsaan tanpa menghiraukan perbedaan agama, perbedaan bukanlah hal yang menjadikan perpecahan.

“Bhineka Tunggal Ika, meskipun kita beda tapi tetap satu tujuan yaitu menjaga Persatuan dan Kesatuan demi keutuhan NKRI,”ujarnya.

Demikian persaudaraan dalam Islam. Dengan momentum yang baik dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dirinya mengajak untuk menjalin ukhuwah dengan baik, sehingga tercipta persatuan dan kesatuan.

“Sebentar lagi kita menghadapi hari Natal dan Tahun Baru, hormati saudara kita yang lagi merayakan natal dan mari kita jaga Garut bersama-sama dengan ciptakan situasi dan kondisi yang kondusif demi kenyamanan bersama,” pungkasnya. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker