web stats
Hukum dan Kriminal

Delapan Pelaku Curanmor Dibekuk Polres Garut

Polres Garut Ringkus 8 Pelaku Curanmor, 30 Unit Kendaraan Roda Dua Berhasil Diamankan

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Garut meringkus delapan orang pelaku pencurian spesialis kendaraan bermotor (Curanmor) dan setidaknya 30 unit sepeda motor berhasil diamankan pihak kepolisian.

Kapolres Garut, AKBP Dede Yudi Ferdiansyah menerangkan, pelaku curas, curat dan curanmor sebanyak 8 (delapan) orang yang berhasil diamankan yakni YN, CW, MK, IL, SY, DH, HT dan HD. Dari hasil penangkapan 8 terduga pelaku tersebut, dengan barang bukti sebanyak 30 unit kendaraan roda dua, golok, kunci T, Handphone, tas dan celana jeans milik terduga pelaku.

“Tempat kejadian perkara di 4 tempat wilayah hukum Polres Garut, diantaranya di Jalan Panday RT 02/08 Desa Langensari dan di Kampung Bongkok Desa Mekarjaya Tarogong Kaler, Kampung Leuwidaun RT 02/02 Desa Haurpanggung, Tarogong Kidul, Kampung Kiara Lawing RT 04/02 Cibiuk dan terakhir tempat kejadian perkara di Kecamatan Leuwigoong tepatnya di Kampung Panunggangan RT 02/04,” kata Kapolres.

Delapan Pelaku Curanmor Dibekuk Polres Garut
Kapolres Garut, AKBP Dede Yudi Ferdiansyah Saat Press Conference

Perihal modus operandi yang dilakukan para tersangka, Kapolres menjelaskan, mereka melakukan dengan cara tindak kekerasan dan dengan cara menggunakan kunci T yang biasa digunakan pencuri spesialis kendaraan bermotor. Selanjutnya kunci kontak dan nopolnya diganti untuk menyamarkan perbuatan pelaku, imbuh Kapolres, lalu kendaraan tersebut dijual ke penadah dan pemesan.

Lebih lanjut menurut Kapolres, tindakan yang diambil terhadap para pelaku telah dilakukan tindakan tegas terukur karena berupaya melakukan perlawanan terhadap petugas dengan merebut senjata.

“Selanjutnya diadakan penahan terhadap pelaku guna proses penyidikan dan para pelaku akan dikenakan Tindak Pidana pencurian dengan kekerasan dan Tindak Pidana pencurian dengan pemberatan pasal 365 KUHPidana dan 363 KUHPidana,” tandas Kapolres Garut

Lanjut Kapolres, tindakan yang dilakukan jajaran Polres Garut ini dalam rangka cipta kondisi jelang natal dan tahun baru dan memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Menurut Kapolres, pihaknya telah mengembalikan kendaraan hasil curian kepada para korban yang kehilangan kendaraanya. Dirinya menghimbau kepada masyarakat yang merasa kehilangan kendaraan bermotor, dipersilahkan untuk berkoordinasi dengan pihak Satreskrim.

“Apabila kendaraan itu benar kepemilikannya dengan disertai bukti kepemilikan, kita akan langsung serahkan tanpa di pungut biaya, seperti yang rekan lihat hari ini 5 unit akan diambil warga,” tegas Kapolres.

Delapan Pelaku Curanmor Dibekuk Polres Garut
Kapolres Garut, AKBP Dede Yudi Ferdiansyah Memberikan Barang Bukti Kepada Pemilik Kendaraan

Sementara itu, korban tindakan curanmor, Sukirman (60) warga pembangunan mengaku gembira kendaraanya dapat kembali lagi ke tangannya serta berterimakasih kepada seluruh jajaran Kepolisian Resort Garut.

“Alhamdulillah motor saya sudah kembali pada saya, terimakasih pada bapak Kapolres Garut dan jajarannya yang sudah berupaya dan berusaha menangani hilangnya motor saya sehingga motor saya ditemukan dan pelakunya juga ditangkap. Dan proses pengambilan motor juga tidak dikenakan biayaya sepeserpun, pokoknya Polres Garut hebat dan mantap dech,” ujar Sukirman. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker