web stats
Raksa Desa

Desa Karangsari Adakan Pelatihan Komputer bagi Perangkatnya

Guna Meningkatkan Kapasitas, Perangkat Desa Karangsari Leuwigoong Mendapat Pelatihan Komputer

RAKSAGARUTNEWS.COM – LEUWIGOONG

Guna meningkatkan serta mengembangkan kompetensi kerja para perangkatnya, Pemerintah Desa Karangsari, Kecamatan Leuwigoong, Kabupaten Garut bekerjasama dengan MBC (Mulia Bhakti Computer) mengadakan pelatihan komputer di Aula Desa Karangsari selama tiga hari, 17 hingga 19 Desember 2019.

Dengan instruktur Ule Abdulah, S.Pd, pelatihan yang diikuti sebanyak 7 orang perangkat desa tersebut merupakan realisasi program yang telah direncanakan dalam APBDes dan RPJMDes Desa Karangsari untuk menuju Desa Karangsari “CAANG” (Cerdas, Agamis, Adil dan Ngabret).

Kepala Desa Karangsari, Ade Lukman menjelaskan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas perangkat Desa Karangsari, dengan harapan memiliki kemampuan dan mahir dalam menggunakan komputer.

“Semua meja perangkat desa Karangsari sudah di lengkapi komputer, jadi kalau sudah bisa apalagi mahir perangkat desa dalam mengoperasikan komputer, tinggal pakai,” katanya. Pada pelatihan gelombang pertama, para peserta sudah bisa mengoperasikan office, word, corel dan excel,” imbuhnya.

Desa Karangsari Adakan Pelatihan Komputer bagi Perangkatnya

Secara letak geografis, menurut Ade, Desa Karangsari sangatlah berbeda dengan desa-desa lainya, hanya bisa mengandalkan sumber daya manusianya (SDM) saja, karena Desa Karangsari tidak memiliki keunggulan di bidang laut, hutan, sungai ataupun area wisata lainnya.

“Pelatihan komputer sangatlah penting karena di era digital sekarang ini kemampuan menggunakan ITE sangat lah diperlukan oleh semua terutama perangkat desa,” ujarnya.

Pelatihan komputer di dea Karangsari tersebut dilaksanakan untuk pertama kalinya di Kecamatan Leuwigoong. “Desa Karangsari masuk ke-60 besar se-Jawa barat, setelah mengikuti entrepreneur dan leadership yang di laksanakan selama satu minggu.” ujarnya.

Melalui pelatihan ini, Ade Lukman berharap, para perangkat desa yang telah mengikuti pelatihan dapat mendapatkan Ilmu pengetahuan yang cukup untuk dapat mengerjakan tugas yang akan diberikan dengan baik.

“Skill (kemampuan) para perangkat yang telah dilatih diharapkan mampu melakukan tugas saat ditempatkan pada proses yang telah ditentukan. Penentuan attitude (sikap) setelah melakukan pelatihan diharapkan para perangkat desa dapat memiliki minat dan kesadaran atas pekerjaan yang akan dilakukannya,” pungkas Ade Lukman kepala Desa Karangsari. **Deudeu**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker