web stats
Raksa Desa

Desa Sukamulya Dinobatkan Sebagai Desa Sadar Hukum

Raih Predikat Desa Sadar Hukum, Desa Sukamulya Berhak Mendapat Medali dari Menhukham

RAKSAGARUTNEWS.COM – PANGATIKAN

Desa Sukamulya, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut akhirnya dinobatkan sebagai peraih anugerah desa sadar hukum. Kepastian ini tertuang pada surat edaran Gubernur yang ditandatangani Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Daud Ahmad tertanggal 26 November 2019.

Petikan surat dari Gubernur Jawa Barat tersebut mengundang petinggi daerah mulai dari Bupati, Camat serta Kepala Desa yang berhak meraih penghargaan Anubhawa Sasana dari Kementrian Hukum dan HAM ke Gedung Sate, Rabu (4/12/2019).

Kepala Biro Hukum dan HAM Pemprov Jabar, Eni Rohyani, merilis, Desa Sukamulya merupakan salah satu dari  21 desa / kelurahan di Jawa Barat yang akan menerima kalungan medali dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Kepala Desa Sukamulya, Jono menuturkan, pencapaian yang diraih desanya merupakan buah kerjasama seluruh lembaga dan masyarakat desa. Pihaknya, diakui Jono, melalui berbagai cara telah berupaya menaikan indeks kesadaran hukum bagi masyarakat.

“Ada berbagai kegiatan yang kita fokuskan pada sektor peningkatan wawasan hukum. Itu kita laksanakan dibawah binaan aparat penegak hukum maupun unsur pimpinan ditingkat kecamatan. Hasilnya patut kita syukuri akhirnya diapresiasi gubernur dan Kemhukham tahun ini,” ungkap Jono, usai adakan pertemuan khusus dengan sejumlah tokoh masyarakat, (30/12/2019).

Seluruh elemen desa dan unsur pendidikan dinilai Jono telah memberikan andil besar atas predikat desa sadar hukum tahun ini. Semua pihak menurutnya telah melakukan instrumen peningkatan sadar hukum yang digalakan pihak pemdes, biro hukum Setda Garut, Babinsa Koramil serta Bhabinkamtibmas Polsek Wanaraja.

“Karenanya, atas nama kepala desa saya berikan apresiasi setingi-tinginya kepada seluruh masyarakat dan unsur yang telah memberi peran besar. Terima kasih, ini menjadi modal dasar pembangunan sumber daya manusia menuju Desa Sukamulya yang tentram dan taat hukum,” tambahnya.

Pada 2019 ini, Desa Sukamulya menjadi satu – satunya desa dari Kabupaten Garut yang berhasil meraih predikat desa sadar hukum. Anugerah tersebut secara resmi akan diserahkan oleh Kemenkumham serta Gubernur Jawa Barat rabu mendatang di Gedung Sate. **Lintar**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker