web stats
Raksa Desa

Harapan Masyarakat Girimukti Cikelet untuk Kepala Desa Baru

Berikut Harapan Warga dan Program Kerja Arumukam, Kades Girimukti Cikelet yang Baru

RAKSAGARUTNEWS.COM – CIKELET

Arumukam resmi menjadi orang nomor satu di Desa Girimukti, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut. Hal ini dinyatakan usai ia dilantik Bupati di Lapang Setda Garut, Senin (2/12/2019).

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, Arumukam berhasil unggul dari pesaingnya, Dudi Hartono dalam Pemilihan Kepala Desa serentak gelombang III yang dilangsungkan 5 November lalu.

Di bawah kepemimpinan yang baru, berbagai komponen masyarakat Desa Girimukti menyampaikan harapan-harapanya terhadap kepala desa definitif, Arumukam.

Harapan tersebut, salah satunya disampaikan mahasiswa sekaligus tokoh pemuda Girimukti, Rena Wiguna warga Kampung Tegalega. Ia berharap di bawah kepemimpinan Arumukam, Desa Girimukti bisa berkembang ke arah yang lebih maju dan lebih baik lagi.

“Yang tadinya sudah baik mohon dipertahankan dan ditingkatkan menjadi lebih baik lagi. Saya berharap, pak Arumukam dapat membawa desa kami ke arah yang lebih maju, dapat meningkatkan taraf perekonomian warga, pembangunan infrastruktur dan yang terpenting adalah peningkatkan kualitas SDM masyarakat Desa Girimukti,” ujar Rena, Kamis (5/12/2019).

Tidak hanya dari kalangan muda, harapan itu juga datang dari tokoh dunia pendidikan. Salah seorang tenaga pendidik di Desa Girimukti, Epa Sudiana menaruh harapan besar pada kepala desa yang baru untuk lebih meningkatkan pendidikan di Girimukti.

“Sesuai Visi dan Misi Presiden di bidang pendidikan yaitu SDM yang tangguh dan berdayaguna untuk kemajuan Desa girimukti dengan pendidikan yang merata menjadikan Desa Girimukti lebih maju, mantap dan bermartabat,” ujarnya.

Dari berbagai harapan itu Kepala Desa Girimukti, Arumukam memberikan tanggapan atas munculnya harapan-harapan warga terhadap kepemimpinan dirinya.

Arumukam menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan memberi masukan hingga menghantarkannya menjadi kepala desa.

Sesuai dengan Visi dan Misi saat pemilihan kepala desa, dengan tegas ia menyatakan kesiapannya untuk mewujudkannya. Namun menurutnya, program apapun tidak akan berhasil jika tidak dibantu oleh seluruh komponen masyarakat, untuk itu pihaknya mengajak untuk secara bersama-sama membangun Desa Girimukti menjadi lebih maju.

Harapan Masyarakat Girimukti Cikelet untuk Kepala Desa Baru
Kepala Desa Girimukti, Kecamatan Cikelet, Arumukam Beserta Istri

“Prioritas yang akan saya laksanakan yaitu di bidang pelayanan masyarakat, yang meliputi warga miskin yang selama ini memerlukan perhatian khusus di dalam pelayanan. Lalu bidang ekonomi akan fokus terutama dalam pengembangan ekonomi kemasyarakatan,” ujarnya.

Dalam bidang perkebunan dan pertanian, kata Arumukam, harus membangun dan mewujudkan sarana dan prasana pendukung seperti irigasi dan juga jalan akses menuju lahan pertanian.

“Untuk menekan dan meningkatkan penghasilan memerlukan jalan produksi supaya bisa menekan kos angkutan, untuk mempermudah angkutan bisa masuk areal lokasi dan memudahkan dalam mengangkut pupuk dan hasil pertanian, namun yang tidak kalah penting, peningkatan ilmu pengetahuan tentang tata budaya petani, ucapnya.

Bidang pendidikan dibagi menjadi dua yaitu pendidikan agama dan pendidikan umum, di bidang agama pihaknya akan mengintensifkan guru ngaji guna mengimbangi pengaruh buruk globalisasi, karena di era sekarang rentan dengan berita dan pengaruh budaya luar yang tidak sesuai dengan budaya bangsa sendiri.

“Untuk kesehatan Insya Alloh tahun anggaran 2020 bisa membangun pustu dari anggaran ADD dan untuk bidang budaya kita akan melestarikan kesenian daerah yang hampir punah di antarany seni calung dan reog,” pungkasnya.**Delta**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker