web stats
Kesehatan

KKG STIKes Karsa Husada Adakan Ragam Kegiatan di Linggamukti

Mahasiswa Gelar Gebyar Profesi Ners PPN IX, Ratusan Warga Linggamukti Ikuti Jalan Sehat & Senam Germas

RAKSAGARUTNEWS.COM – SUCINARAJA

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ( STIKes) Karsa Husada Kabupaten Garut menggelar berbagai kegiatan dalam rangka Gebyar Profesi Ners PPN IX, bertempat di Desa Linggamukti, Kecamatan Sucinaraja, Garut, Sabtu (21/12/19).

Ketua pelaksana kegiatan, Azis Reza Pahlawan menerangkan, kegiatan-kegiatan yang di gelar diantaranya Jalan Sehat, Khitanan Massal, Cek kesehatan gratis, Senam Germas, Lomba Tumpeng, serta Pentas Seni Budaya Desa yang ada di Linggamukti.

“Tema kegiatan kali ini, “Masyarakat Sehat Linggamukti Kuat”,” kata Azis Reza Pahlawan.

Kepala UPT Puskesmas Garawangsa, Asep Sobur mengatakan, untuk tim kesehatan dari UPT Puskesmas Garawangsa, pihaknya menurunkan 15 orang tim kesehatan yang ditugaskan untuk melakukan tugas pemerikasaan kesehatan gratis, laboratoriun gratis, cek kesehatan tekanan Darah, asam urat dan lain-lain.

Tidak hanya itu, menurut Asep, kegiatan ini juga diisi dengan kegiatan Penyuluhan dan Edukasi Pencegahan Stunting serta Senam Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

KKG STIKes Karsa Husada Adakan Ragam Kegiatan di Linggamukti
Masyarakat Desa Linggamukti Tengah Mengikuti Senam Germas

Pihak puskesmas UPT Garawangsa kedepan mempunyai target pencapaian Standart Pelayanan Minimal (SPM) 100%.

“Selain itu kita tetap berupaya menurunkan tingkat kematian Bayi dan Ibu,” tegas Asep.

Asep menuturkan, kegiatan hari ini bukanlah yang pertama, namun kerjasama untuk kali keempat antara mahasiswa STIKes yang tengah menempuh study di Kecamatan Sucinaraja dengan pihak UPT Puskesmas Garawangsa.

Sementara itu Ketua Angkatan Komunitas Keluarga Gerontik ( KKG) STIKes Karsa Husada Garut, Rindi Garuda menjelaskan, kegiatan KKG ini diikuti sebanyak 41 mahasiswa semester 1 yang dilangsungkan selama 50 hari atau sekitar 2 bulan.

Dikatakan Rindi, para mahasiswa melakukan kegiatan berupa pengabdian masyarakat (Pengmas) serta kegiatan Penelitian. Mengenai kegiatan yang dilangsungkan hari ini, imbuh Rindi, merupakan kegiatan puncak yang berupa khitanan kadedeuh sebanyak 6 anak, cek kesehatan gratis kerja sama dengan UPT Puskesmas Garawangsa, lomba tumpeng antar RW, senam Germas, jalan sehat serta pentas seni marawis.

KKG STIKes Karsa Husada Adakan Ragam Kegiatan di Linggamukti
Ketua Angkatan Komunitas Keluarga Gerontik ( KKG) STIKes Karsa Husada Garut, Rindi Garuda

Rindi menyebut, Desa Linggamukti merupakan salah satu desa yang menjadi binaan STIKes Karsa Husada Garut, dan kali ini ada kegiatan inovasi dan gebyar.

“Target kegiatan kami mengajak warga untuk hidup sehat, khusunya di linggamukti, masyarakat hidup sehat, Linggamukti kuat, ” kata Rindi Garuda

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Linggamukti, Rika Sugiarti mengatakan, pihak Pemerintah Desa Linggamukti, Kecamatan Sucinaraja sangat mengapresiasi kegiatan para mahasiswa STIKes Karsa Husada.

“Kegiatan ini juga sejalan dengan program Pemerintah Desa Linggamukti, kita harap warga Linggamukti sehat,” kata Rika.

Kades Linggamukti mengajak warga agar menerapkan pola hidup sehat, cek rutin kesehatan terutama untuk para lansia.

KKG STIKes Karsa Husada Adakan Ragam Kegiatan di Linggamukti
Kepala Desa Linggamukti, Kecamatan Sucinaraja, Rika Sugiarti (Memakai Baju Kuning)

“Perlu diketahui warga kami banyak yang menderita Hipertensi karena faktor usia dan pola makan. Mudah-mudahan kegiatan yang digagas para mahasiswa ini dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat,” harapnya.

Di lokasi acara nampak hadir, Babinsa, Babinkamtibmas, Kepala Desa Linggamukti, Pengurus BPBN Sucinaraja, Kopdar Kamtibmas Sucinaraja, para tokoh masyarakat Desa Linggamukti. **Kus/Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker