web stats
Aneka Peristiwa

Koramil/1103 Wanaraja Lakukan Penghijauan di Linggamukti

Program Karya Bhakti TNI, Koramil/1103 Wanaraja Tanam 6.000 Pohon di Linggamukti

RAKSAGARUTNEWS.COM – SUCINARAJA

Bagian dari program karya bhakti TNI, Koramil/1103 Wanaraja, bersama Mahasiswa STIKES Karsa Husada Garut dan warga Desa Linggamukti, Kecamatan Sucinaraja melaksanakan program penghijauan hutan di kawasan Blok Perbu, kaki Gunung Aniji, Desa Linggamukti, Kecamatan Sucinaraja, Minggu (1/12/2019).

Kegiatan ini melibatkan puluhan anggota Koramil 1103 Wanaraja, beberapa mahasiswa/i serta puluhan warga Desa Linggamukti, mereka terpantau membawa bibit tanaman keras untuk ditanam disana.

Danramil/1103 Wanaraja, Enjang Santana saat dikonfirmasi media di lokasi acara menyampaikan, kegiatan hari ini dalam rangka Karya Bakti Penghijauan tahun 2019, koramil 1103 wanaraja bersama beberapa mahasiswa yang sedang KKG, pemerintah desa dan puluhan warga Desa Linggamukti melaksanakan Gerakan Penghijauan.

“Karya Bakti Penghijauan tahun ini, di kawasan Gunung Aniji kita tanam sekitar 6.000 bibit pohon tanaman keras dari berbagai jenis,” ucap Kapten Inf Enjang Santana.

Enjang Menerangkan kegiatan penghijauan dilaksanakan di kawasan ini karena, mata Air dari Gunung Aniji merupakan sumber air bersih yang di gunakan oleh warga Desa Linggamukti.

“Kawasan tersebut kini kondisinya memprihatikan, selain debit mata air menurun drastis, di kawasan tersebut terlihat gundul, makanya kegiatan kita fokuskan di lokasi tersebut,” ujarnya.

Koramil/1103 Wanaraja Lakukan Penghijauan di Linggamukti
Program Karya Bhakti TNI, Koramil/1103 Wanaraja Tanam 6.000 Pohon di Linggamukti

Kegiatan ini terlaksana berkat kordinasi dan kerjasama lintas sektoral, untuk bibit tanaman keras, kata Enjang, pihaknya mendapat bantuan dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Kehutanan .

Kegiatan Penghijauan lanjut Enjang, tidak hanya di lokasi ini di desa desa lain di wilayah koramil/1103 juga di lakukan gerakan penghijauan.

“Kami juga sering menghimbau kepada warga masyarakat saat memasuki musim penghujan kali ini agar melaksanakan kegiatan menaman pohon khususnya pohon-pohon keras di wilayah hutan dan sekitarnya yang terlihat gundul,” kata Enjang.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Linggamukti, Kecamatan Sucinaraja, Rika Sugiarti menyampaikan, pihaknya selaku pemerintah desa sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh TNI, khusunya Koramil/1103 Wanaraja.

Rika mengajak warganya untuk selalu menjaga, merawat dan melestarikan kawasan hutan.

“Lakukan gerakan penamaman ini untuk anak cucu kita, jangan wariskan hutan yang gundul untuk generasi mendatang , tapi wariskan hutan yang hijau yang penuh keanekaragaman hayati untuk generasi yang akan datang,” singkat Rika. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker