web stats
Aneka Peristiwa

Pembangunan Embung Resapan Air di Kawasan Persis Bentar

Antisipasi Banjir, di Kawasan Persis Bentar Dibangun Drainase dan Embung Resapan Air

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Kawasan Pesantren Persatuan Islam 19 Bentar, Kelurahan Ciwalen, Kecamatan Garut Kota dan sekitarnya merupakan kawasan yang kerap kali menjadi langganan banjir tatkala musim penghujan datang, ini diakibatkan meluapnya air sungai Ciwalen.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, terlebih sekarang memasuki musim penghujan, Pemerintah Kabupaten Garut mulai dari Lurah, Camat, Dinas PUPR dan Damkar bersinergi membangun embung resapan air yang berpusat di PPI 19 Bentar, yang mana pembangunan tersebut telah diselesaikan Jum’at 6 Desember 2019.

Sebagai uji coba berfungsinya pembangunan embung tersebut, Camat Garut Kota, Drs. Bambang Hapidz bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran mendatangkan 1 unit mobil Damkar untuk mengisi embung tersebut. Dalam uji coba tersebut disaksikan oleh Dinas PUPR , pihak ketiga, pihak PPI 19 Bentar beserta masyarakat.

“Kami ingin melihat sejauh mana berfungsinya embung dalam hal mengantisipasi banjir di wilayah PPI 19 dan sekitarnya, syukur alhamdulillah sesuai dengan fungsinya,” kata Irman dari Dinas PUPR staf bidang Infrastruktur.

Sementara itu Kasi Non Kebakaran Dinas Damkar Garut, Dadan Wandi memberi apresiasi atas dibangunnya drainase dan embung tersebut.

Pembangunan Embung Resapan Air di Kawasan Persis Bentar

“Daerah Pesantren dan sekitarnya ini merupakan daerah yang rawan banjir dari dulu, tapi dengan adanya program pembangunan ini merupakan terobosan baru yang baik untuk mengantisipasi banjir,” katanya.

“Kami ucapkan terimakasih pada dinas PUPR yang telah membangun sarana mengantisipasi banjir dengan berupa inovasi baru, kami berharap hal ini bisa ditiru di daerah-daerah lain didalam mengantisipasi banjir untuk menekan kerugian yang lebih besar,” ungkapnya.

Pihak Pesantren dan Masyarakat mengucapkan terimakasih pada Pemerintah Kabupaten Garut yang telah peduli pada warga masyarakat yang telah sigap di dalam mengantisipasi banjir. Hal ini sebagaimana disampaikan pimpinan PPI 19 Bentar, H. Uban yang didampingi Dadang selaku ketua RT setempat.

“Kami ucapkan terimakasih pada Pemkab Garut, mulai dari Pak Lurah Ciwalen, Camat Garut Kota, Dinas PUPR dan Dinas Damkar yang begitu sigap merespon apa yang menjadi keluhan kami, dengan dibangunnya sarana mengantisipasi banjir. Semoga amal baiknya diterima oleh Alloh SWT dan mendapat ganjaran yang berlipat…..Aamiin,” singkat H. Uban. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker