web stats
Sosial, Seni dan Budaya

Si Merdeka, Domba Garut Jawara Tangguh Milik Wawan

Merdeka, Si Domba Garut Milik Wawan Selalu Menangi Event Ketangkasan Adu Domba

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Merdeka kembali menjuarai adu ketangkasan domba di arena semi kontes yang dilangsungkan di Lapang Rancabango, Tarogong Kaler, Garut, Minggu (15/12/2019).

Merdeka, begitulah Wawan menamai domba garut miliknya. Wawan yang merupakan warga Desa Margalaksana, Kecamatan Cilawu ini menyampaikan, Merdeka (Domba Garut) selalu menjuarai di setiap event adu ketangkasan baik di Garut maupun diluar Garut

“Dengan beberapa kali Merdeka menjurai setiap adu ketangkasan domba Garut, ini setidaknya mengangkat para peternak domba Garut di Kabupaten Garut khususnya yang ada di Kecamatan Cilawu,” kata Wawan pemilik Merdeka.

Namun demikian, menurut Wawan, meskipun peran pemilik dan pecinta domba Garut memberikan kontribusi bagi perekonomian, namun hingga kini masih banyak nada sumbang pada penggiat seni ketangkasan domba Garut.

“Padahal kami melakukan sebagai bagian dari kegiatan pelestarian budaya sekaligus meningkatkan perekonomian dan juga menyelamatkan spesies domba Garut yang hanya ada di Indonesia,” ujar Wawan.

Si Merdeka, Domba Garut Jawara Tangguh Milik Wawan

Domba Garut, menurut Wawan, banyak dicari oleh para pecinta domba, karena perawakannya sangat bagus dan makin diperindah dengan tanduknya yang begitu kokoh.

“Sekarang domba Garut diternakkan bukan hanya di Garut saja, namun di luar Garut juga banyak yang menternakan, seperti di Kabupaten Bandung tepatnya di Pacet, Arjasari dan Ibun,” ujarnya.

Kelestarian domba Garut atau istilah asingnya Ovis Aries itu sangat dijaga, karena ini merupakan ikon Garut yang sudah terkenal kemana-mana.

“Kita berbicara Garut tentu identik dengan domba Garut,” tutup Wawan.**Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker